• Berita Terbaru

    July 23, 2020

    elnusanews/com , July 23, 2020

    Pemprov Sulut - Kemenparekraf Gelar Rebound Destinasi Sulut


    SULUT,Elnusanews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) Republik Indonesia, dalam rangka menghadapi Masa Adaptasi Kenormalan Baru (New Normal), menggelar Program Rebound (Bangkit) ke sejumlah Destinasi Tujuan Wisata di Tanah Air, yang juga hal mana Provinsi Nyiur Melambai-Sulawesi Utara, dilirik sebagai salah satu Daerah Super Prioritas bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata-Likupang. Untuk itu Pihak Kementerian melalui Deputi Bidang Destinasi dan Infrastruktur menggelar Hajatan Rapat Kordinasi (Rakor) sekaligus FGD bertajuk "Likupang Rebound Destinasi Parawisata era New Normal" yang pembukaannya oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Dr Wawan Gunawan, pada Selasa Siang, 21/07/20. Bertempat di  Rumah Alam Adventure Park-Ring Road Manado. Yang turut didampingi Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut, Henry Kaitjily SH dan dihadiri beberapa Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, para Pelaku Usaha/Jasa Industri Pariwisata serta Stakeholders Kepariwisataan di Provinsi Sulut.
    Sementara itu, dikesempatan rangkaian Program Rebound dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf RI, oleh Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Dr Ir Hari Santosa Sungkari, di sela acara Rebound yang dilangsungkan di  Kawasan Objek Wisata Pantai  Paal-Marinsouw dan Pantai Pulisan Likupang yang dihadiri segenap Warga Masyarakat setempat.

    Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa Sungkari, Selasa (22/7/2020), mengatakan program Likupang Rebound ini merupakan inisiasi dari Kemenparekaf untuk membangun kembali Sektor  pariwisata di Sulawesi Utara,  dengan keberagaman potensi dan keunikan destinasinya yang masih menjadi daya tarik utama Turis baik Manca Negara maupun Wisatawan  Domestik/Nusantara.
    “Program dan Aksi  ini akan  memberikan dampak positif secara menyeluruh juga akan menggairahkan, semua elemen, baik warga masyarakat sekitar Objek Wisata maupun para Pelaku Usaha Pariwisata dan Kami juga akan memberikan dukungan berupa penyempurnaan Fasilitas dan Amenitas di destinasi pariwisata Sulut, dalam rangka memasuki era New Normal ini dengan tetap menjalankan Protokol/SOP Covid-19 dengan memberikan Pendampingan sejak tahap Persiapan hingga nantinya tiba saat akan dibukanya kembali destinasi objek wisata," Tandas Deputi Hari Santosa Sungkari, dikutip Kabid Pengembangan Kelembagaan Disparprov Sulut, Roy RL Saroinsong.

    Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut, Henry Kaitjily, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut positif dan apresiasi akan Program Rebound ini yang akan menjadi tatanan untuk kebiasaan baru guna menunjukan pada khalayak bahwa Sulawesi Utara sebagai salah satu Daerah Destinasi Super Prioritas siap berbenah dan layak dikunjungi oleh para Wisatawan pasca Pandemi C-19 ini dengan menerapkan Protokol Kesehatan dan kebiasaan New Normal.

    "Pencanangan program Rebound yang berlangsung di Kawasan Pantai Paal- Marinsouw dan Pulisan Likupang ini, dengan sasaran diantaranya berbasis pada fokus Kebersihan  dan Higienitas Toilet, Kebersihan Pantai dan Sarananya, Keamanan dan faktor Kenyamanannya untuk penguatan Program Sapta Pesona, oleh Kemenpar Ekraf telah menyerahkan sejumlah bantuan dan fasilitas penunjang secara simbolis berupa: Alat Kebersihan berupa Sapu, Tempat Sampah, Papan Sign Informasi, Disenfektan, Face Shield. Kepada Perwakilan Komunitas Masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata di kedua lokasi tersebut. Dan Agenda yang sama pula akan dilangsungkan pada Kamis, 23/07/20, di Lokasi Taman  Laut Nasional Bunaken.

    Adapun Program dan Aksi Rebound ini guna mendukung Kampanye BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman)  yang sejalan dengan kaidah; Cleanliness, Health, Safety, Environmental (CHSE)  yang Sustainability/berkelanjutan. Dan pula  Pedoman ini seirama dengan Program Pemerintah Provinsi Sulut, yang dituangkan dalam  Peraturan Gubernur (Pergub) Sulut Nomor 44 Tahun 2020 yang diterbitkan pada Tanggal 23 Juni 2020.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemprov Sulut - Kemenparekraf Gelar Rebound Destinasi Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top