• Berita Terbaru

    July 27, 2020

    elnusanews/com July 27, 2020

    TA PSD P3MD Mitra Lakukan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Aplikasi eHDW Bagi KPM Se Mitra

    MITRA, Elnusanews  - Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)  bersama  Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Pusomaen melaksanakan Pendampingan Pelatihan dan Penguatan kader pembangunan manusia (KPM) se Kecamatan Pusomaen, hari ini Senin 27/07/2020.

    Bertempat di kantor desa minanga timur,  yang dihadiri langsung oleh Pemateri Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Bily Kawuwung. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa  masalah kesehatan  yang menjadi prioritas yakni konvergensi penanganan stunting,  dalam pelaksanaan kegiatan di desa peran KPM sangatlah penting dan strategis untuk membantu kegiatan-kegiatan di desa yang berkaitan dengan kesehatan terutama dalam penanaganan pencegahan stunting.

    "KPM dikukuhkan dengan SK Hukum Tua dan peran KPM ini menjadi garda terdepan dalam rangka pembangunan manusia di bidang kesehatan. Terkait dengan konvergensi penanganan sunting dan sebagai syarat pencairan dana desa, desa wajib melaporkan kegiatan penanganan stunting pada tahun sebelumnya dan tahun 2020 yang wajib dilaporkan dalam tiga bulan sekali sesuai dengan form score card, maka untuk mempermudah laporan yang dibuat oleh KPM kemendes meluncurkan aplikasi yang bernama Human Development Worker (eHDW) merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja  KPM dalam melakukan pendataan sasaran Rumah Tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan pemantauan 5 paket layanan pencegahan stunting di Desa," Jelas Kawuwung.

    Kawuwung menambahkan, kegiatan penguatan kapasitas KPM ini bergulir di 12 kecamatan se Kabupaten Mitra dan sekarang sudah 5 kecamatan yang sudah digelar penguatan untuk menunjang tugas dan kerja KPM se Kabupaten Mitra,  dengan harapan  data KPM di kabupaten Mitra tersampaikan dengan jelas terutama untuk pencegahan Stunting.

    Disampaikan juga oleh Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Pusomaen Moydi Sanjang konvergensi pencegahan stunting menjadi isu utama, sehingga diharapkan kita tidak sebatas membangun desa dengan pembangunan-pembangunan fisik tetapi juga pembangunan manusianya misal  dengan peningkatan kapasitas KPM, pelatihan-pelatihan dll, sehingga fungsi pendamping kecamatan dan KPM sangatlah penting dalam peningkatan pembangunan.

    "Dengan tugas dan beban kerja dari KPM, melalui musyawarah desa maka desa telah menganggarkan melalui APB Desa terkait insentif bagi KPM, agar KPM bisa bekerja semaksimal mungkin," tutup Sanjang. (M-rio)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: TA PSD P3MD Mitra Lakukan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Aplikasi eHDW Bagi KPM Se Mitra Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top