• Berita Terbaru

    August 13, 2020

    elnusanews/com August 13, 2020

    Lewat vidio conference Bupati ROR ikuti Rakorsus soal penerapan instruksi presiden nomor 6 tahun 2020

    MINAHASA, Elnusanews - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) baru saja mengikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) bersama Menkopolhukam, Mendagri, Menko Perekonomian, Menkominfo dan Panglima TNI lewat vidio conference di rumah dinas Bupati, Sasaran, Tondano, Kamis 13/8. 

    Rakorsus ini digelar untuk membahas pelaksanaan instruksi presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19. Dalam pemaparannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan bahwa sesuai Inpres nomor 6 Tahun 2020 baik Gubernur, Bupati dan Walikota diminta untuk meningkatkan sosialisasi secara masif penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat. 

    "Protokol kesehatan itu diantaranya memberikan masker baik dari pemerintah dan non pemerintah, memakai masker dan mencuci tangan baik mengunakan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer yang berbahan alkohol ataupun clorine, menjaga jarak dalam bentuk kebijakan publik ataupun kesadaran masyarakat, serta menghindari kerumunan," ujar Tito. 

    Dia menjelaskan melalui Inpres nomor 6 tersebut seluruh kepala daerah agar menyusun dan menetapkan peraturan yang memuat ketentuan soal kewajiban mematuhi protokol kesehatan, perlindungan kesehatan masyarakat termasuk pemberlakuan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan. 

    "Langkah - langkah yang harus diambil oleh pemerintah daerah diantaranya melaksanakan dan meningkatakan sosialisasi pencegahan dan pengendalian covid 19, menyusun dan menetapkan peraturan kepala daerah tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid 19 serta penyusunan dan penetapan peraturan kepala daerah dengan memperhatikan kearifan lokal di daerah masing - masing," tukasnya. 

    Tito juga mengatakan agar para Gubernur memberikan pendampingan kepada Bupati dan Walikota diwilayahnya dalam penyusunan peraturan Bupati dan Walikota termasuk ketika akan mensosialisasikan perwako maupun perbup itu kepada masyarakat. Sementara itu, Bupati ROR usai mengikuti rakorsus mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyusun peraturan kepala daerah sebagaimana yang telah di perintahkan melalui Inpres nomor 6 dan akan selalu berkoordinasi dengan Gubernur. 

    "Pemerintah Kabupaten Minahasa akan terus menerus mensosialisasikan protokol kesehatan covid 19 kepada masyarakat dan akan segera penyusun peraturan kepala daerah tentang penerapapan protokol covid 19 yang akan dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi," pungkas Bupati ROR. (jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lewat vidio conference Bupati ROR ikuti Rakorsus soal penerapan instruksi presiden nomor 6 tahun 2020 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top