• Berita Terbaru

    November 04, 2021

    Elnusanews November 04, 2021

    Alokasi Anggaran Dinas PU Provinsi Sulut Minim, AMIR LIPUTO Sebut Koordinasi Itu Penting


    DEPPROV,Elnusanews -- Minimnya anggaran yang dialokasikan di Dinas PUPR provinsi Sulut mendapat sorotan tajam dari personil Komisi III DPRD Sulut H Amir Liputo. Menurut politisi PKS ini, selama pembahasan APBD yang dilakukan oleh DPRD ini merupakan hal pertama kalinya alokasi anggaran di dinas PU minim.

    "Kami menyampaikan ini karena untuk pertama kali selama pembahasan APBD supaya tidak muncul distorsi bahwa, di Dinas PU tiba-tiba anggarannya tahun ini kalau tidak ada DAK hampir tidak ada perkerjaan disana," tegas Liputo dihadapan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O E Kandouw, saat rapat paripurna dalam rangka penyampaian RAPBD tahun 2022 yang digelar diruang rapat paripurna DPRD Sulut, Kamis (4/11/21) pagi.

    Dikatakan Liput, pihaknya merasa jika dinas PU tidak dialokasikan anggaran maka itu tidak dipermasalahkan, namun yang paling penting adalah koordinasi

    "Kami merasa sebenarnya, kalaupun tidak ada dan di PU seperti itu no probllem, yang penting ada koordinasi antara dinas PU dan Mitra Kerja akan pekerjaan pekerjaan yang semua dilakukan itu datanya kami miliki, dimana dia berada, dan dapat mengakomodir aspirasi anggota dewan yang disampaikan oleh waga masyarakat. kalau itu terakomodir lewat penetapan alokasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saya kira no problem. Yang jadi masalah, setelah kami minta kalau kemudian aspirasi yang disampaikan lewat reses atau lewat pembahasan pembahasan justru dengan dana PEN yang terbesar tidak terakomodir," jelasnya.

    "Salah satu contoh yang mencolok, saya kira pak wagub juga akan terenyuh kalau tiba-tiba di daerah Talaud ada jalan provinsi yang ditanami pohon pisang, yang bertahun tahun itu tidak pernah selesai. Sementara, kalau disampaikan tadi dana PEN kita cukup besar disana. sudah dari APBD tidak dapat, dari dana PEN juga kurang perhatian," tambahnya.

    Dirinya juga memahami secara regulasi bahwa dana PEN sifatnya khusus, namun jika ada koordinasi yang baik dengan mitra kerja maka itu bisa dimaklumi.

    "Nah kami memahami regulasi, bahwa dana PEN ini khusus, tapi kalau ada koordinasi kami memberi bahan, tolong lewat dana PEN jalan jalan provinsi ditangani, perkembunan disini ditangani, sehingga kalau itu sudah ditangani oleh dana PEN tidak perlu dialokasikan oleh dana APBD. nah ini saya kira hanya soal koordinasi saja pak, jadi jangan sampai begitu terus akhirnya timbul prasangka yang tidak enak, kenapa sekarang dana di PU tiba-tiba anjlok," bebernya.

    Namun kata Liputo, setelah dijelaskan oleh Bapak wagub pihaknya dapat menerima dan memahami hal tersebut, namun kedepan kiranya ada sinkronisasi. 

    "Kami memahami itu ada aturan tersendiri tapi minimal aspirasi aspirasi yang ada dapat terakomodir lewat dana tersebut," tandasnya. (RaKa)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Alokasi Anggaran Dinas PU Provinsi Sulut Minim, AMIR LIPUTO Sebut Koordinasi Itu Penting Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top