• Berita Terbaru

    November 17, 2021

    elnusanews/com November 17, 2021

    Pemdes Sawangan Gelar Musyawarah Desa


    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Desa Sawangan Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa menggelar musyawarah desa, Rabu 17/11/2021. Kegiatan tersebut digelar di rumah Hukum Tua Rudi Samola.

    Musyawarah yang berjalan dengan aman tersebut dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan dan dihari oleh pendamping desa, pendamping desa local,  perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat yang hadir.

    Adapun sejumlah agenda yang dibahas, diantaranya perubahan  penerima bantuan  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT), Rembug stunting,pengefaluasian kinerja kader kesehatan dan terkait Bumdes.

    Hukum tua Desa Sawangan Tua Rudi Samola kepada media ini mengatakan, sebenarnya ada banyak yang akan dibicarakan untuk kemajuan desa.  Namun menurutnya,  untuk saat ini pemdes sawangan  terfokus pada tiga pokok pembahasan, yakni  perubahan KPM BLT dana desa, rembug stanting, dan kepengurusan BUMDes.

    “jadi jumlah penerima KPM BLT di Desa Sawangan ada 92 penerima, namun dari 92 penerima tertsebut sudah ada  dua orang yang meninggal, satu orang berpinda domisili dan satu orang telah menjadi pegawai negeri sipil.  Dengan otomatis  jumlah penerimah harus diperbaharui bersama atau pendataan baru. Tentunya selaku pemerintah desa berharap KPM BLT tahap 7-12 akan bertambah.” Jelas  Samola.


    Sementara untuk stunting, kata Samola, ini merupakan program unggulan president sejak tahun lalu. Stunting adalah gisi buruk sejak di kandungan sehingga ketika lahir pertumbuhan bayi tidak normal. “ untuk itu telah dibahas, untuk kader kesehatan masih tetap atau tidak diganti, mengingat mereka ini rajin turun langsung melakukan pengecekan kesehatan pada balita yang ada.” Ujarnya

    Sementara untuk BUMDes, jelas Samola,  telah dipilih secara musyawara kepengurusan yang baru. “Sebab kedepan BUMDes ini harus mandiri dari penganggaran dan pengelolaan. Ini tentunya sangat berbeda dengan BUMDes sebelumnya.” Urainya.

    Dengan adanya musyawarah desa ini, dirinya berharap kepengurusan BUMDes, kader kesehatan serta masyarakat dapat bersama-sama dengan pemerintah desa untuk mengsukseskan segalah bentuk program, baik program dari pemerintah pusat, provinsi, sampai ke kabupaten kecamatan dan desa.



    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemdes Sawangan Gelar Musyawarah Desa Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top