• Berita Terbaru

    November 24, 2021

    elnusanews/com , November 24, 2021

    Wawali WL: Pembumian Pancasila Digelar Untuk Pertebal Patriotisme



    TOMOHON,Elnusanews - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kota Tomohon menggelar kegiatan Sosialisasi Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa dengan mengambil tema : Pembumian Pancasila, di Welu Cafe n Resto Woloan Tomohon, Rabu (24/11/2021).

    Wali kota Tomohon Caroll J. A.  Senduk, SH dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Wali kota Tomohon, Wenny Lumentut, SE menyampaikan, sebagai pemerintah dan masyarakat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini juga menaruh harapan besar kepada segenap generasi muda Kota Tomohon untuk menjadikan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa dan Pancasila sebagai pedoman dasar hidup berbangsa dan bernegara terlebih dalam pembangunan Kota Tomohon.

    “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyambut baik di serta rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan ini, yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempertebal patriotisme atau cinta terhadap tanah air,” ucap Wawali Wenny Lumentut.

    Lanjutnya, ungkapan patriotisme atau cinta tanah air telah mengalami pergeseran makna sejalan dengan derasnya arus informasi dan desakan demokrasi. Dalam pengertian tersebut, bahwa patriotisme bukan lagi berperang dengan mengangkat senjata seperti pada masa perjuangan merebut kemerdekaan secara fisik. Patriotisme diartikan sebagai cinta tanah air, negara, dan bangsa dengan mengaktualisasikan, menjauhkan tindakan yang dapat merugikan persatuan dan solidaritas sesama anak bangsa.

    Disampaikan juga, pembumian Pancasila merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dasar hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Pembumian Pancasila diperlukan karena semakin melemahnya penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila akibat dari ketidakmampuan dalam mengatasi tantangan, dan untuk menyadarkan kembali tentang keberadaan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya mungkin telah dilupakan. 

    "Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program penguatan rasa kebangsaan bagi anak-anak negeri sebagai simbol perjuangan bangsa, sebagai pemicu jiwa militansi untuk menghalau segala upaya yang akan merusak rasa persatuan, kebersamaan di tengah-tengah keberagaman, dan tetap memupuk jiwa nasionalis untuk mencapai masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila menjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara dan seluruh warga negara Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika/moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara. Pancasila sebagai ideologi bangsa bergantung pada tiga dimensi, yakni dimensi realita, dimensi fleksibilitas, dan dimensi idealisme. Pancasila merupakan suatu ideologi terbuka, yang artinya ideologi yang dapat beradaptasi dengan ideologi lain. Pancasila merupakan jiwa, kepribadian, dasar negara, sumber hukum, perjanjian luhur, pandangan hidup, dan cita-cita bangsa yang harus selalu dijunjung demi persatuan NKRI," tutur Walikota Caroll Senduk dikutip Wawali Wenny Lumentut saat bawakan sambutan.

    Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan (Prokes) covid 19 yang ada.

    Hadir sebagai narasumber Anggota Dewan Kota Tomohon Noldy Lengkong,Anggota DPD/MPR RI Ir. Stevanus B.A.N Liow, MAP, Widyaiswara Badan Pendidikan dan Pelatihan SDM Sulut Joachim Elias, SPd, MAP, Akademis Unima DR. Julien Biringan, MSi, dan Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos, MSi. 

    Adapun peserta kegiatan Para Generasi Muda yang terdiri dari Perutusan Siswa SMP SMA dan dari Kecamatan-kecamatan se Kota Tomohon.

     (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wawali WL: Pembumian Pancasila Digelar Untuk Pertebal Patriotisme Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top