• Berita Terbaru

    November 16, 2021

    elnusanews/com , November 16, 2021

    Caroll Senduk: ANBK untuk Pemetaan Mutu Sistem Pendidikan



    TOMOHON,Elnusanews - Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. membuka secara resmi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SD/MI Kota Tomohon bertempat di SD GMIM I kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara, Senin (15/11/2021).

    Melalui Rilis Token di SD GMIM 1 Kakaskasen peserta Asesmen Nasional adalah peserta didik, tenaga pendidik dan Kepala Sekolah.

    Peserta didik yaitu 30 peserta utama + 5 peserta cadangan serta tenaga pendidik yaitu seluruh tenaga pendidik dalam satuan pendidikan.

    Peserta didik mengisi instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter sedangkan kepala sekolah dan tenaga pendidik mengisi instrumen survei lingkungan belajar.

    Peserta didik kelas 5 berjumlah 1387 siswa, jumlah siswa sampling ANBK berjumlah 1136 siswa, jumlah siswa cadangan ANBK berjumlah 41 siswa dan jumlah sekolah pelaksana yaitu moda online 62 sekolah dan moda semi online 5 sekolah (1 SLB).

    Wali Kota Caroll Senduk mengatakan ANBK adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen AKM,

    Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar ANBK dapat dilaksanakan dalam 2 moda yaitu moda online dan moda semi online yang dibagi dalam 4 gelombang untuk jenjang SD oleh pusat Asesmen dan pendidikan (Pusmendik) melalui web ANBK Kota Tomohon 100% melaksanakan ANBK secara mandiri dan dibagi dalam 2 moda pelaksanaan yaitu 62 sekolah pelaksanaan dalam moda online dan 5 sekolah pelaksanaan dalam moda semi online dan sudah diatur pembagian gelombang dan pengaturan sesi masing-masing sekolah pelaksana. 

    Turut mendampingi Wali Kota pada kegiatan ini, Kadis Dikda Kota Tomohon Dr. Juliana Karwur dan Kepala Sekolah SD GMIM I Kakaskasen. (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Caroll Senduk: ANBK untuk Pemetaan Mutu Sistem Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top