• Berita Terbaru

    November 09, 2021

    elnusanews/com , November 09, 2021

    Faperta Unsrat-Pemkot Tomohon Komit Dorong Sektor Pertanian



    TOMOHON,Elnusanews - Audiensi Pemerintah Kota Tomohon dengan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado terkait pengembangan diberbagai sektor Pertanian di Kota Tomohon, bertempat di Aula Prof. DR. Budi Marwoto Show Window Kota Tomohon, Senin 08/11/21.


    Dalam kegiatan ini ada Beberapa hal yang dibahas dalam audiensi tersebut diantaranya :


    1. Target export Bunga Krisan tahun 2022

    2. Pendampingan dan Pengembangan Lab Kultur Jaringan

    3. Pengadaan benih Bunga

    4. Membantu menyiapkan petani bunga untuk standarisasi screening serta inventarisir kebutuhan petani

    6. Pengembangan Pertanian organik di Rurukan

    7. Fakultas Pertanian membantu pengembangan pupuk organik, pestisida hayati

    8. Pelaksanaan Webinar Nasional dengan topik Tomohon Kota Bunga

    9. Export Krisan : Standart screening

    10. Menyiapkan kebutuhan minimal dari hulu ke hilir untuk permintaan dari Jepang

    11. Membuat pelatihan pupuk organik di kebun percobaan

    12. Pembentukan Tim Kerja dan Sekretariat juga Sanggar

    13. Budaya Bunga : Say With Flower dibutuhkan teknologi

    14. Kerjasama dengan Pertamina Lahendong

    untuk CSR dalam rangka penyediaan Bibit Krisan

    15. Pengembangan Koperasi bunga. 


    Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dalam sambutannya mengatakan adanya MoU Pemerintah Kota Tomohon dengan Unsrat maka pertemuan ini merupakan juga tindak lanjut dari MoU tersebut, sehingga menjadi harapan kami kita dapat bekerjasama dalam pengembangan sektor pertanian yang ada di Kota Tomohon juga dalam pengembangan sumber daya terutama holti dan flori yang ada di Kota Tomohon.


    Kami sebagai pemerintah membuka ruang bagi Mahasiswa bahkan para Dosen yang ada di Fakultas Pertanian Unsrat untuk datang mendorong pengembangan pertanian di Kota Tomohon bahkan dapat menggunakan fasilitas yang ada disini dari belajar, praktek, pelatihan sampai selesai studi, tentunya ini agar sektor pertanian di Kota Tomohon semakin maju kedepan, memang saat ini kami sedang fokus pada budidaya bunga Krisan, hal tersebut dikarenakan Kota Tomohon sudah di tetapkan oleh Kementrian Pertanian sebagai Pusat Pengembangan Bunga Krisan di Indonesia Timur.


    Pemerintah juga sedang merancang sebuah Taman Bunga di lahan sebesar 1 Hektar milik Pemerintah Kota, Tomohon terkenal sebagai Kota Bunga tapi sayang belum memiliki Taman Bunga. Harapan-harapan itu yang coba kami wujudkan, tentunya ini dibutuhkan masukan serta saran dari bapak/ibu dosen sekalian.


    Kami juga banyak mendapat bantuan dari Kementrian Pertanian dalam hal ini Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi). Di tempat ini juga sudah ada Laboratorium Kultur Jaringan Dinas Pertanian Kota Tomohon untuk penelitian, pengembangan dan peningkatan kualitas bunga kedepan.


    Usai Dialog Walikota mengapresiasi Elisabeth Dupa Mahasiswi Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado yang berasal dari Kota Tomohon yang akan mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award 2021 di Malang.


    Selanjutnya Walikota bersama Tim dari Fakultas Pertanian Unsrat meninjau Laboratorium Kultur Jaringan Dinas Pertanian Kota Tomohon.


    Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Prof. Ir. Robert Molenaar, MS, Ph.D, Wakil Dekan I Dr. Ir. Johny S. Tasirin, MScE beserta Tim.


    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Faperta Unsrat-Pemkot Tomohon Komit Dorong Sektor Pertanian Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top