• Berita Terbaru

    December 14, 2021

    elnusanews/com December 14, 2021

    Bupati JG Jadi Salah Satu Pembicara di 6Th APEC WSC


    MINUT, Elnusanews-- Untuk kedua kalinya diundang oleh APEC Sustainable Energy Center (APSEC) melalui Presidennya Li Zhu, Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune JE Ganda, SE menjadi pembicara pada 6th APEC Workshop Sustainable Cities (WSC).

    Bupati JG menjadi satu-satunya kepala daerah dari Indonesia sebagai pembicara pada Workshop tersebut, yang akan mengangkat Transisi Energi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang juga sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dari 5 daerah yang di pilih oleh Presiden Joko Widodo.

    Dengan sejumlah kepala daerah dari negara se-kawasan Asia-Pasifik, akademisi, dan para pengambil keputusan Bupati Minut Yang biasa disapa JG mengambil kesempatan ini untuk memperkenalkan kawasan Sulawesi Utara lebih khusus Likupang sebagai kawasan perlindungan Wallace Line, yakni garis yang memisahkan kekayaan keberagaman hewan dan tumbuhan yang benar-benar terpisah dari belahan dunia lainnya.

    “Bersama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, kami akan membangun Wallace Conservation Center, Cultural Village dan Marine Tourism Park di kawasan ini, tentunya berdasarkan masterplan KEK Likupang dan DSP Likupang, pembangunan ini serta akhir dari pembangunan membutuhkan energi listrik yang tidak sedikit," tutur Bupati JG.

    Untuk itu, saya sangat berterima kasih kepada APEC melalui APEC Sustainable Energy Center yang bersedia membantu kami di Minahasa Utara dalam transisi energi di kawasan ini, tanpa mengesampingkan kelestarian lingkungan dan alamnya, tentunya dengan mengupayakan semaksimal mungkin energi terbaru yang merupakan aset negara pemberian Tuhan yang Maha Kuasa,” Ujar Bupati JG.

    Sementara, Jenny Karouw Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara mewakili Gubernur Olly Dondokambey menjelaskan pada Opening Remarks bahwa Kerjasama Kabupaten Minahasa Utara bersama APEC melalui APSEC akan terus berlanjut pada bantuan teknologi dan Sharing Best Practice.

    Direktur Politeknik Negeri Manado, Maryke Alelo sangat berterima kasih kepada Bupati Joune Ganda atas respon dan antusiasme untuk turut serta dalam kegiatan ini serta siap bekerjasama, karena agenda 6th APEC Workshop on Sustainable Cities, di Tianjin, China kali ini Politeknik Negeri Manado merupakan co-organized bersama APSEC dan CNSC (Cooperative Network of Sustainable Urban Energy), dan Politeknik Negeri Manado juga telah menandatangani MoU bersama Kabupaten Minahasa Utara dalam kerjasama Application to Sustainable Urban Energy bertajuk Green Finance for Sustainable Urban Energy.

    “Kabupaten Minahasa Utara menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang di-support oleh APSEC karena memiliki potensi yang luar biasa, serta kepala daerah Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang memiliki semangat juang yang tinggi dalam mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus serta Destinasi Wisata Super Prioritas,” Ucap Henriette J. Roeroe selaku Advisory Board Member APSEC dari Indonesia. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati JG Jadi Salah Satu Pembicara di 6Th APEC WSC Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top