• Berita Terbaru

    April 05, 2022

    elnusanews/com April 05, 2022

    Terkait Visi Misi Bupati, Jack Paruntu, Pelaku Usaha Besar Wajib Bermitra Dengan UMKM


    MINUT,Elnusanews-- Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kini menjadi perhatian serius dari Pemerintah agar bisa digairahkan kembali di masa pandemi Covid-19. Buktinya, pemerintah pun langsung mengeluarkan kebijakan lewat Permen Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 1 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kemitraan di Bidang Penanaman Modal Antara Usaha Besar Dengan UMKM.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Jack Paruntu SE mengatakan jika peraturan tersebut sudah disetujui oleh Bupati Minut Joune Ganda agar diberlakukan di daerah tersebut. Sebab dalam aturan tersebut, pelaku usaha besar seperti perhotelan, swalayan, jasa konstruksi, restouran dan sebagainya, wajib melakukan kerjasama dengan UMKM yang ada di Minut.

    “Bapak Bupati sudah setuju agar aturan ini diterapkan karena aturan tersebut sangat berpihak kepada pelaku usaha yang ada di daerah Minut,” ujar Paruntu kepada wartawan tadi, Selasa 5 April 2022.

    Paruntu menyontohkan soal kerjasama itu seperti pelaku usaha swalayan besar, wajib menjalin kerjasama dengan UMKM yang bergerak dalam bidang produk makanan dan minuman. Demikian juga dengan pelaku usaha jasa konstruksi, wajib menjalin kerjasama dengan UMKM yang menyediakan produk olahan kayu dan besi untuk pintu, pagar dan jendela serta atap bangunan.

    “Semuanya sangat jelas dalam aturan tersebut. Namun oleh pihak pelaku usaha besar menginginkan UMKM menyediakan produk sesuai standar yang berlaku. Aturan ini juga akan kami sosialisasikan dalam kegiatan Bimtek dalam waktu dekat ini,” jelas Paruntu.

    Ditambahkan Paruntu, dalam mengimplementasikan aturan itu, maka sangat dibutuhkan kerjasama dengan stekholder terkait.

    “Kalau berbicara soal standar, pasti harus melibatkan BPOM, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan sebagainya,” tambah Paruntu. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terkait Visi Misi Bupati, Jack Paruntu, Pelaku Usaha Besar Wajib Bermitra Dengan UMKM Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top