• Berita Terbaru

    June 02, 2022

    elnusanews/com June 02, 2022

    Pemkot Bitung Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual


    BITUNG,Elnusanews - Secara virtual Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memimpin langsung Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, yang dipusatkan di Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Rabu (1/6/2022), kemarin.

    Dikesempatan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, ikut menghadiri secara virtual, yang digelar di Ruangan Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung.

    Dalam amanahnya, Presiden RI Jokowi menyampaikan, alasan pelaksanaan memperingati Hari Lahir Pancasila di tahun 2022, yang dilaksanakan di Provinsi NTT, dimana Kota Ende merupakan kota sejarah bagi Bung Karno.

    “Bung Karno adalah Proklamator Kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila dan kemudian di sah kan oleh PPKI sebagai Dasar Negara dan mewariskan Pancasila bagi Bangsa dan Negara,”kutipan Jokowi saamembawakan sambutannya.

    Presiden RI, dikesempatan itu mengajak seluruh anak anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bertanah air.

    “Kita wujudkan dengan sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan, kita mengimplementasikan dalam tata kelolah pemerintahan dan juga menjiwai generasi antar sesama anak bangsa,” tandas Jokowi.

    Hal senada dikalimatkan, Wali Kota Ir. Maurits Mantiri, MM dan Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar,SE menyampaikan apresiasinya dan mengharapkan pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat Kota Bitung dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, untun terus ditingkatkan.

    “Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, jaga dan rawat nilai-nilai serta makna yang terkandung dalam Pancasila. Lewat momentum ini, Pemkot Bitung mengajak masyarakat Kota Bitung untuk dapat meningkatkan rasa gotong royong dan bersatupadu dalam mensukseskan berbagai program pemerintah,”katanya.

    Sementara Maurits – Hengky, menyampaikan alasan terkait dengan penggunaan pakaian adat dalam pelaksanaan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual.

    “Penggunaan pakai adat saat ini, sesuai arahan dari Pemerintah Pusat. Hal ini guna menunjukkan dan memperlihatkan keberagaman adat, yang begitu banyak dan tetap kuat serta kokoh dalam persatuan,”tasdas Maurits didampinggi Hengky. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Bitung Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top