• Berita Terbaru

    June 29, 2022

    elnusanews/com June 29, 2022

    Bupati Rinny Tamuntuan Hadiri Coconut Conservation Conferenct

    Balikpapan, Elnusanews - Kegiatan Nasiona Coconut Conservation Conferenct diikuti oleh beberapa kepala daerah yang penyelengrannya bertempat di Novotel Balikpapan, ikut hadir Pj Bupati Kepl Sangihe dr. Rinny Tamuntuan, Bupati Tojo Una Una Femy Luther, Bupati Kepl. Meranti Hi. Mohammar Adil, SH, Bupati Nagan Raya Hi.M. Jamin Idham, SE, Bupati Aceh Tamiang Hi. Mursil,SH,M.Kn, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, Rabu  29 Juni 2022.

    Sambutan Gubernur Kaltim yg di wakili kepala Dinas Pertanian Kaltim menyampaikan, Convrensi coconut saat ini adalah yg baru pertma dibuat di indonesia, bertrmpat di kaltim (IKN) yg berhubungan dengan penetapan ibu kota negara.

    "Bisa menimbulkan rekomendasi dari budaya yang berhubungan dengan kelapa untuk mengembangkan comoditas,dan  aspek budaya harus di utamakan. Pembangunan perkembunan di Kaltim 1 diantara strategi yang di terapkan adalah versifikasi nol sawit yang di harapkan untuk memaksimalkan perkebunan kelapa, Kaltim diharapkan menjadi penyumbang untuk energi hijau berbasis sawit di IKN dan komunitas perkebunan, pungkas Gubernur dalam sambutannya.

    Sambutan Kementerian Perencenaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) yang dibacakan Anang Noegroho selaku Direktur Pangan dan Pertanian Pappenas'.

    "Kelapa adalah salah satu komunitas unggulan perkebunan yang berperan penting dan strategis bagi projek dan perekonomian indonesia, antara lain sebagai sumber pendapatan petani, terbukanya lapangan kerja, mendorong agro bisnis dan industri dalam negeri. Bisa dilihat bahwa tanaman kelapa bisa berproduksi sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar. Di Indonesia penghasil kelapa terbesar adalah riau, dan yang kedua Sulut," tutur Anang.

    Ketua Umum Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) Prof. Nelson Pomalingo dalam pemaparannya menyampaikan beberapa manfat dan keuntungan akan komodidas kelapa yang juga bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. Kelapa adalah pohon kehidupan kita banyak manfaatnya dalam hal kontribusi. 

    "Untuk Indonesia sendri kelapa sangat kurang optimal mengingat turunya kualitas kelapa di Indonesia. Problema yang terjdi saat ini adalah pemegang terbanyak kelapa adalah rakyat, sedangkan sawit adalah pengusaha," tutur Pormalingo.

    Lanjutnya, untuk itu kita sebagai pemerintah daerah dan pusat apabilah untuk mengembangkan kelapa rakyat haruslah menjadi perhatian terhadap kelapa. Sehingga hal ini sebagai inisiasi dari pemda penghasil kelapa yang ikut dalam pertemuan dan seminar kita pada hari ini menjadi semua keterwakilan yang hadir saat ini akan membahas tentang konservasi kelapa dan kelapa ini menjadi komuditi untuk mengkonservasi lahan-lahan, karena kelapa bisa menyimpan air, mempertahankan tanah dengan baik dan juga melestarikan alam, tutup Nelson

    Turut mendampingi Pj. Bupati Kab. Kepl Sangihe dr. rinny Tamuntuan dalam kegiatan tersebut, Kadis Pertanian Kab. Kpl Sangihe Golfried Pella. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Rinny Tamuntuan Hadiri Coconut Conservation Conferenct Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top