• Berita Terbaru

    June 30, 2022

    elnusanews/com June 30, 2022

    Peta Topografi dan Usulan Bupati FDW, PUPR RI Alternatif Jembatan Ranowangko Disambung


    MINSEL, Elnusanews- Mengingat situasi dan kondisi serta penanganan akibat bencana alam yang terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan, ada dua alternatif yang diusulkan Bupati Franky Wongkar, SH dalam kunjungan Ketua Komisi V Lasarus, S. Sos DPR RI bersama tim/mitra kerja di Kabupaten Minahasa Selatan pada Kamis, 30 Juni 2022.

    Bupati mengusulkan adanya pengembalian kembali kondisi semula untuk jalan dan jembatan yang sudah rusak/hilang dengan berdasarkan hasil penelitian serta pembangunan jalan lingkar amurang by pas kapitu sepanjang 22 KM.

    Terkait usulan tersebut Dirjen SDA Kementerian PUPR menyampaikan kemungkinan untuk dilakukannya perbaikan khusus jalan/ jembatan yang rusak akibat bencana alam yang terjadi sangat kecil, ucapnya.

    Dijelaskannya, dari hasil yang sudah dilakukan dilapangan, bahwa sungai (muara) yang berhulu di gunung soputan beberapa kali mengeluarkan lahar. Hal Ini secara pelan-pelan menimbulkan bebera sentimentasi yang dulu adalah teluk tetapi sekarang sudah menjadi tanjung.

    Kondisi tanah yang tidak menentu/labil akibat sentimentasi (peta topografi tahun 1984-2022) ini yang sedikit demi sedikit menjadi menumpuk (kiriman dari hulu/bukan tanah keras), terangnya.

    Dari kondisi yang ada, warga sekitar bencana segera akan direlokasi/dikosongkan (jarak) sehingga mempermudah mengamankan pinggiran pantai. Untuk pekerjaan nantinya seputaran lokasi/radius yang sudah ditentukan akan dilakukan pekerjaan dengan memiringkan tebing tanah.

    Terpisah Dirjen Binamarga Kementerian PUPR, menambahkan dilihat dari lokasi bencana tidak dimungkinkan dibangunnya kembali jembatan yang ada, dengan alternatif jembatan depan kantor Dinas PUPR akan disambung (mendesak/radius 100 meter) sekaligus pengamanan sungai.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peta Topografi dan Usulan Bupati FDW, PUPR RI Alternatif Jembatan Ranowangko Disambung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top