• Berita Terbaru

    November 05, 2022

    elnusanews/com November 05, 2022

    Henry Kaitjily Tegaskan Pengembangan SDM Sangat Penting Dalam Mendukung Suksesnya Sebuah Event



    SULUT,Elnusanews - Pengembangan sumber daya manusia terus dilakukan Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara (Sulut). Seperti yang dilakukan tanggal 2-4 November 2022, digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaran Kegiatan (Events). 

    Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulut Henry Kaitjily ini digelar di Hotel Sintesa Peninsula Manado. 

    Hadir dalam Bimtek ini, di antaranya para ASN yang membidangi penyelengaraan event daerah dari Dinas Pariwisata Daerah Sulut dan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se Sulut. Hadir langsung juga Kadispar Bitung, Kadispar Mitra, Kadispar Boltim, Kadispar Tomohon, Kadispar Minahasa, Kadispar Minsel, Kadispar Sangihe, Kadispar Bolmut. Serta perwakilan dari Deputi Penyelenggaraan Event Kemenparekraf RI, Edy, Untung dan Reza

    Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulut Henry Kaitjily mengatakan pengembangan SDM sangat penting dalam mendukung suksesnya sebuah event. 

    "Peran ASN di antaranya adalah sebagai regulator yang baik dalam persiapan maupun pelaksanaan event, sebagai pendamping bagi para penyelenggara event dalam menyelenggarakan event, dan pendukung ataupun penyelenggara event yang mampu menarik wisatawan," tuturnya. 

    Untuk meningkatkan event di daerah, kata dia, perlu ada langkah yang berkualitas dan meningkatkan kapasitas dalam perencanaan dan pengelolaan event yang baik. Untuk itulah, tantangan ini menjadi perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementerian ini memberikan Dana Dekonstrasi kepada Pemerintah Daerah untuk dapat melaksanakan Program Pembinaan Event Daerah Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Kegiatan Events kepada ASN di Daerah.

    Ia pun mengharapkan bimtek ini diikuti sebaik-baiknya oleh peserta agar pengembangan event di daerah bisa maju. 

    "Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Steven Kandouw berupaya menjadikan pariwisata Sulut maju. Agar nantinya wisatawan baik nusantara maupun wisatawan luar negeri berbondong-bondong ke Sulut. Pariwisata ini pastinya berimbas ke perekonomian," tukasnya. 

    Dalam Bimtek yang dilanjutkan di MC Resort Bunaken ini juga dihadiri sebagai narasumber, yakni Syafruddin dari Asosiasi Pengusaha dan Pelaku Industri Event, Dosen Poltekpar Makasar. Ada juga Yusuf Dalimunte, Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia, Dosen pada Poltekpar Medan. Kemudian Lendy Maramis, Founder Plus One Indonesia EO dan Ipda Putut Wiyono,SH, Kapolsek Pulau Bunaken.


    (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Henry Kaitjily Tegaskan Pengembangan SDM Sangat Penting Dalam Mendukung Suksesnya Sebuah Event Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top