• Berita Terbaru

    November 05, 2022

    elnusanews/com , November 05, 2022

    Puncak Perayaan HUT Minahasa Ke 594


    MINAHASA, Elnusanews - Rapat Pripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Sabtu (05/11), jadi puncak perayaan Hari Jadi Minahasa ke-594 digelar lewat Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).


    Bertempat di Wale Ne Tou Tondano, Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Minahasa Glady P E Kandouw SE, didampingi Wakil Ketua Okstesi Pricilia Runtu SH MSi dan Denny Kalangi serta Sekretaris Dr Drs Dolfie Kuron MBA ini, dan turut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven O Kandouw, didampingi Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM.


    Acara dibuka kemudian diawali dengan upacara pengukuhan dan pemberian gelar adat dipimpin Majelis Kebudayaan Minahasa. Selanjutnya, Glady Kandouw saat memimpin Rapat Paripurna mengatakan, rapat ini terbuka untuk umum.


    “Untuk itu, sambil memohon tuntunan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, rapat Paripurna DPRD Minahasa dalam rangka memperingati Hari Jadi Minahasa ke-594 dengan ini saya nyatakan dibuka, serta terbuka untuk umum,” kata Glady.


    “Patutlah kita mengucap syukur karena hari ini Minahasa boleh berusia 594 tahun, dengan sejumlah torehan hasil pembangunan nyata dibawah kepemimpinan ROR-RD,” ujarnya.

    Bupati ROR dalam sambutannya kemudian memaparkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Minahasa selama empat tahun terakhir. Selain itu, dia masih tetap mengingatkan masyarakat bahwa pandemi covid-19 belum benar-benar selesai.


    “Meski tahun ini pandemi belum benar-benar selesai. Namun, lewat kesadaran kita semua lewat pelaksanaan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan, sehingga perayaan Hari Jadi Minahasa kali ini dirayakan lebih meriah dan lebih bermakna,” kata Bupati.


    “Pada titik inilah, mari kita perkuat dan apresiasi kembali makna filosofi Mapalus untuk mengeratkan persatuan dan semangat gotong royong guna bersama-sama berjuang agar bangsa kita dapat segera terbebas dari pandemi covid 19,” tambahnya.


    Lanjut kata dia, Kabupaten Minahasa bagian dari sejarah panjang negeri Malesung dengan berbagai dinamikanya diakui merupakan dialeg kita dari segenap stakeholder dalam tahapan sejarah termasuk kepemimpinan daerah, karena itu momentum hari bahagia ini mengingatkan kita akan kerja dan pengorbanan dari tou Minahasa dan dari masa ke masa termasuk peran tou Minahasa yang turut memberi warna dalam catatan sejarah perjalanan panjang bangsa Indonesia.

    “Dalam kaitan itulah, momentum hari jadi Minahasa ini juga oleh majelis kebudayaan Minahasa mengagendakan penganugerahan gelar adat pada putra-putra terbaik Minahasa yang telah menunjukan kemampuannya diberbagai bidang dan memberi teladan pada kita sekarang ini, bahkan untuk menyelaraskan data sekaligus menyatakan orang Minahasa tidak kalah kualitasnya di tengah-tengah kompetisi global sekarang ini. Selamat atas penganugerahan gelar adat kepada seluruh putra-putri terbaik Minahasa,” pungkasnya.


    Sementara, Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Kabupaten Minahasa telah melahirkan tiga kota dan empat kabupaten

    Minahasa saat telah menjadi tiga kota dan empat kabupaten, pemberian gelar adat hanya hanya karena memang keberadaan minahasa menjadi suatu tempat bagi tokoh-tokoh dan pendiri tanah minahasa

    Dengan semangat hari jadi minahasa, minahasa menjadikan tolok ukur pembangunan di Sulut, mari kita topang kita dukung dengan gotong royong, dengan mapalus seluruh rakyat untuk kemajuan Minahasa


    Supaya apa yang kita rasakan, kerukunan rakyat Minahasa, itu tetap terjaga sampai nanti, menjadi contoh dan teladan bagi daerah lain di Indonesia.

    “Selamat hari jadi Minahasa ke-594 dan selamat kepada mereka yang baru menerima gelar adat Minahasa,” pungkasnya.

    Turut hadir, Anggota DPD RI, Forkopimda Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Bupati Minahasa Utara bersama Wakil Bupati Minahasa Utara, Bupati Minahasa Selatan, Walikota Tomohon, Wakil Walikota Manado, Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Forkopimda Kab. Minahasa, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Jajaran Pemerintah Kab. Minahasa

    Hadir pula, Ketua TP-PKK Prov. Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Sekretaris TP-PKK, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP-PKK Kab. Minahasa Dra. Fenny Ch Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey Lengkong SE, Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Ny Juliati.(Ody)  Muntu-Komalig SSos.


    ADVETORIAL

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puncak Perayaan HUT Minahasa Ke 594 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top