• Berita Terbaru

    May 27, 2016

    Elnusanews May 27, 2016

    20 % Saham Pabrik Semen PT DSSN Akan Dihibahkan Untuk Pemerintah dan Warga Sulut


    MANADO,Elnusanews - Pabrik Semen berskala besar dalam waktu dekat ini akan mulai beroperasi  di Desa Buyat, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (SULUT), setelah melewati proses pembuatan ijin dan studi kelayakan (feasibility study).

    Pabrik yang memiliki luas area 10,735 Hetare ini dikelolah oleh PT Dharma Sarana Semen Nusantara (PT DSSN) dan rencananya akan memulai kegiatan fisiknya usai menggelar RUPS pada 1 Juni 2016 . ‘’ Dalam RUPS ini, PT DSSN masih akan membahas beberapa persiapan internal,’’kata Imelda Sinombor S.Sos Humas PT DSSN kepada wartawan saat mengadakan kunjungan ke lokasi Pabrik Semen Kamis (26/05/2016) kemarin.

    Menurut  salah satu direktur PT DSSN, Yossi S Manopo bahwa, pabrik semen di Boltim telah mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) melalui Keputusan Gubernur Sulawesi Utara no 223 tahun 2015 dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) melalui Keputusan Gubernur Sulawesi Utara no 37 tahun 2016 . Yossi Manopo adalah putra daerah Boltim yang peduli terhadap perkembangan ekonomi Sulawesi Utara dan juga memperhatikan keberadaan sumber daya manusia di Boltim.

    ‘’ Dengan hadirnya Pabrik Semen di Buyat ini, warga Boltim bisa meningkatkan perkembangan ekonominya dan serapan tenaga kerja di pabrik semen ini akan diprioritaskan pada tenaga kerja putra-putri Daerah,’’kata Manopo.

    Dikatakan Manopo, ketika pabrik semen berskala besar yang bertag line ‘produk inovasi semen unggulan Sulut’ ini berjalan dengan sukses, maka pihak PT DSSN akan menghibakan 20 persen sahamnya untuk Pemerintah dan masyarakat Sulut. ‘’ Kami sudah menyurat kepada Gubernur Sulut Bapak Olly Dondokambey bahwa saya dan pemegang saham lainnya akan mengikutsertakan Perusahaan Daerah Sulut  maksimal 20 persen saham dalam bentuh hibah,’’ kata pria kelahiran Bongkudai ini.

    Pembangunan Pabrik Semen PT DSSN telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah dan warga Boltim. Tokoh masyarakat Desa Buyat Selatan Nazri Mokoagow mengatakan bahwa warga Buyat Selatan sangat mendukung adanya pabrik semen karena bisa membuka lapangan pekerjaan untuk tenaga kerja lokal. “Saya berharap perusahan untuk memprioritas tenaga kerja lokal. Artinya, pabrik ini, bisa merekrut masyarakat yang ada disekitar lahan perusahaan tersebut yang menjadi karyawan,” pinta Mokoagow.

    Dia pun berharap agar ada kajian analisis dampak lingkungan (amdal) yang jelas. Sehingga perusahaan ini, tidak akan terjadi konflik dengan masyarakat.” Berharap, jika investor yang masuk harus melakukan produksi secara profesional,” ujarnya.

    Senada dengan itu, Sarini Modeong berpendapat bahwa hadirnya pabrik semen di Boltim akan membuka lapangan pekerjaan buat para ibu rumah tangga untuk menopang ekonomi keluarga. ‘’ Pasti akan membawa dampak positif bagi kami di desa, khususnya para perempuan,’’kata Sarini .

    Terpisah, Sangadi Buyat Selatan Husni Modeong mengatakan, bahwa kehadiran perusahaan ini sangat diharapkan. Menurutnya, bukan hanya itu saja, tapi antara perusahaan dengan  pihak Desa sudah ada.

    ” Kami sangat berharap bahwa perusahaan semen ini segera hadir disini. Karena kami juga telah melakukan memorandum Of Understanding (MoU), diantaranya adanya system pengelolaan rama lingkungan, selalu memelihara komunikasi dengan masyarakat melalui Pemerintah setempat dan setiap  kegiatan perusahaan, harus ada kontribusi kepada pembangunan Desa,” urai Husni sambil menambahkan bahwa MoU ini dibuat secara bersama-sama oleh enam desa yang berada disekitar lokasi pabrik yakni  Desa Buyat Satu, Desa Buyat Dua, Desa Buyat Tengah, Desa Buyat dan Desa Buyat Barat. (***)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 20 % Saham Pabrik Semen PT DSSN Akan Dihibahkan Untuk Pemerintah dan Warga Sulut Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top