• Berita Terbaru

    October 03, 2018

    elnusanews/com , October 03, 2018

    Bencana Alam Bisa Datang Kapan Saja, Gubernur Olly Instruksikan 15 Kabupaten/Kota Untuk Tetap Waspada

    Olly Dondokambey.
    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menginstruksikan kepada seluruh Bupati Walikota yang ada di 15 Kabupaten Kota se Sulut untuk waspada akan bencana alam yang bisa datang kapan saja.

    Hal tersebut disampaikan Gubernur kepada para Bupati Walikota se Sulut melalui Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Sekretaris Daerah Edwin Silangen, Rabu (3/10/2018).

    Instruksi ini diberikan karena terjadinya bencana alam di Sulawesi Tengah dan terjadinya erupsi gunung Soputan yang terjadi pada Rabu pagi. Untuk itu stakeholders terkait diminta tetap waspada dan sigap jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

    Semua stakeholders saat ini harus terus berkoordinasi dan  mempersiapkan semua keperluan terkait penanggulangan bencana, mendata semua relawan bencana, satkorlak penanggulangan bencana. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang SOP evakuasi jika terjadi bencana.

    Selain itu, Para Bupati Walikota serta semua pihak harus meyakinkan masyarakat serta dunia luar bahwa sampai saat ini kondisi daerah Sulut masih dalam keadaan kondusif aman terkendali. Disamping itu masyarakat diminta juga tidak gampang mempercayai informasi yang beredar di media sosial  baik dalam bentuk foto maupun video terkait suasana daerah Sulut pasca erupsi gunung Soputan. Semua informasi harus di cek kebenarannya dari pihak yang kredibel agar tidak tercipta informasi yang tidak benar, meresahkan hingga berdampak pada gangguan keamanan daerah.

    Diketahui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  Rabu (3/10)  meningkatkan Status Gunung Soputan (1804 mdpl), Provinsi Sulawesi Utara dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

    Untuk itu masyarakat di seputaran Gunung Soputan diharapkan tenang, tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas. Pihak PVMBG juga telah memberikan status Yellow untuk jalur penerbangan yang berarti mulai ada aktivitas vulkanik di gunung Soputan.

    Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara harus siap mengantisipasi kondisi apapun yg rerjadi. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sampai berita ini diturunkan tim PVMBG masih memantau aktivitas gunung Soputan.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bencana Alam Bisa Datang Kapan Saja, Gubernur Olly Instruksikan 15 Kabupaten/Kota Untuk Tetap Waspada Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top