• Berita Terbaru

    October 11, 2018

    Elnusa News , October 11, 2018

    Hutagaol Pimpin Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2018


    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Kehutanan Daerah menggelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Provinsi Sulut tahun 2018, Kamis (11/10/2018) Tepatnya di Desa Klabat Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
    Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulut, James Hutagaol mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey.
    Dalam sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang dibacakan Plt Kadishutda Sulut James Hutagaol mengatakan terlaksananya agenda saat ini merupakan langkah tepat dan strategis dari kita semua, serta sebagai salah satu bentuk kesiap siagaan kita dalam upaya bersama untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, khususnya terkait dengan potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan di daerah yang kita cintai bersama.
    Lanjutnya, sehubungan dengan hal itu atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sulut, saya mengucapkan penghargaan yang tinggi disertai ucapan terimakasih yang tulus kepada Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulut yang telah bekerja keras sehingga apel siaga ini boleh terselenggara. Tak lupa juga saya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan pada tingkat Desa di Kabupaten Minut dan Kota Bitung.
    Dikatanya, hutan adalah kekayaan alam yang tak ternilai harganya yang merupakan anugerah dan karunia kepercayaan dari Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, ini merupakan modal pembangunan nasional memiliki manfaat yang nyata bagi kehidupan dan penghidupan bangsa indonesia.
    “Menyadari peran penting hutan bagi kehidupan dan sebagai ungkapan syukur kita atas anugerah tersebut, hutan kemudian harus diurus dam dikelola dilindungi dan dimamfaatkan sebaik mungkin secara keseimbangan melalui berbagai upaya perlindungan hutan dengam mencegah dan membatasi kerusakan hutan yang di sebabkan oleh perbutan manusia dan ternak, kebakaran, daya-daya alam, hama penyakit,” ujarnya.
    “Saya menyambut positif digelarnya apel siaga ini. Marilah semua stakeholder terkait untuk menyukseskan bersama-sama agenda penting ini sebagai komitmen dan dukungan nyata kita dalam upaya pencegahan dan pengendalian secara dini munculnya ancaman kebakaran hutan dan lahan di daerah kita,” ajaknya.
    Akhiri sambutan, Olly Dondokambey yang dikutip Plt James Hutagaol meyakini dengan apel siaga saat ini dan berbagai upaya positif lainnya yang kita lakukan secara terencana, fokus dan berkelanjutan serta dilandasi jiwa yang gotong royong, bersatu padu, bahu membahu antar stakeholder terkait baik perintah, TNI, Polri dan LSM akan menghindari daerah dan kita semua dari bahaya yang sangat merugikan yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan yang tidak kita inginkan bersama, Mari kita memegang prinsip " Lebih Baik Mencegah dari pada Memadamkan
    Sebelumnya, Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Dishut Daerah Provinsi Sulut, Arie Timbuleng membacakan laporan panitia terkait Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Provinsi Sulut tersebut.
    "Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan, dan tahun 2018 ini dilaksanakan di Desa Klabat Kecamatan Dimembe Kabupaten Minut. Alasan dipilih tempatnya di sini dikarenakan letak desa berdekatan HL. Gunung Klabat yang berjarak kira 400-500 yang rawan dengan kebakaran hutan," ungkap Timbuleng dalam laporannya.
    Lanjutnya, kegiatan apel siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan melibatkan intansi dan unsur terkait, baik intansi daerah maupun instansi pusat dan juga melibatkan masyarakat Minut dan Bitung, 30 Desa serta para siswa. "Dan kami juga mencoba membentuk masyarakat peduli api (MPA) tingkat Desa dan Kelurahan yang hadir saat ini," ujarnya.
    Turut hadir dalam Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tingkat Provinsi Sulut, Plt Kadishutda Sulut James Hutagaol, Ketua Forum Rimbawan Sulut yang juga mantan Kadishutda Sulut, Herry Rotinsulu, Forkopimda Sulut, Pemkab Minut, Pemkot Bitung, Kepala SKPD Lingkup Pemprov Sulut, Kepala UPT Kementerian LHK di Sulut serta para peserta apel.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hutagaol Pimpin Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top