• Berita Terbaru

    October 08, 2019

    elnusanews/com October 08, 2019

    Pulutan Resmi Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

    MINAHASA, Elnusanews - Desa Pulutan diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Selasa (8/10/2019). Peresmian dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, Direktur Kepesertaan E. Ilyas Lubis, Depdir KPS Bapak Achmad Hafiz, Depdirwil Sulawesi Maluku Toto Suharto, Asisten Deputi Kepesertaan wilayah Sulama Zulkarnain Mahading, Kadisnakertrans Prov. Sulut Ir. Erny Tumundo MSi, Jajaran Pemkab Minahasa, Kadisnaker Kab. Minahasa Arody Tangkere, Kadis PMD Kab. Minahasa Djefry Sajow, Camat Remboken Joris Tumilantouw serta para Hukum Tua. 

    Kegiatan diawali dengan peletakan batu pertama pada lokasi fasilitas umum taman kanak-kanak desa pulutan oleh Bupati Minahasa bersama Direktur Kepesertaan E. Ilyas Lubis dan Kadisnakertrans Prov. Sulut Ir. Erny Tumundo M.Si, dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya lokal, menyanyikan lagu indonesia raya, pembacaan doa, pemutaran video desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. 

    Depdirwil Sulawesi Maluku Toto Suharto dalam laporannya menyampaikan acara ini merupakan program nasional yang dilaksanakan diseluruh indonesia. 

    “Desa ini dipilih karena sudah mengenal dan menyadari pentingnya BPJS ketenagakerjaan,” tukasnya. 

    Kami mengapresiasi pemerintah kabupaten Minahasa sehingga acara ini boleh terselenggara dengan baik dan kiranya ke depan akan lebih baik lagi,” paparnya. 

    Direktur Kepesertaan E. Ilyas Lubis dalam sambutan mengungkapkan rasa bahagianya bisa bertemu bersama Bupati minahasa dan warga yang ada untuk memperkenalkan BPJS ketenagakerjaan. 

    “Kita semua perlu menyiapkan diri untuk hari tua dan sebagai jaminan dalam kita bekerja, semua harus ditangani sistem jaminan sosial. Marilah kita ikuti program negara ini supaya kesejahteraan kita terjamin oleh BPJS ketenagakerjaan, seperti kecelakaan pekerja untuk biaya rumah sakit. Ini merupakan jaring pengaman, negara sudah memakai jaring, untuk para pekerja seni kita untuk melindungi diri dan keluarga kita karena ini dijamin oleh negara,” urainya. 

    Lanjutnya, Desa Pulutan merupakan desa yang sadar, para pekerja di sini sudah diikutkan, sehingga warga desa sudah memiliki jaminan. 

    “Desa pulutan merupakan simbolis desa yang sadar, mudah mudahan desa desa lainnya juga mengikuti. Mudah mudahan BPJS ketenagakerjaan semakin dikenal dan masyarakat bisa menyaksikan manfaat-manfaat yang ada apabila mengikuti program negara ini,” imbuhnya. 

    Usai sambutan – sambutan, dilakukan penyerahan simbolis MoU Desa Sadar, Sertifikat dan Kartu Kepesertaan kepada badan usaha milik desa dari Kakacab kepada Hukum Tua dan disaksikan oleh Bupati Minahasa, Dirkep, Depdirwil, Depdirbid, Kadisnaker Prov, penyerahan simbolis santunan JKM oleh Dirkep dan Bupati Minahasa didampingi Depdirwil, Depdirbid, Kadisnaker Prov, Kakacab. 

    Selanjutnya, penandatanganan MoU 5000 pekerja rentan yang ditandatangani Bupati Minahasa dan Kakacab, penyerahan Mockup GN Lingkaran Kepesertaan 5000 pekerja rentan program GN Lingkaran oleh Bupati Minahasa kepada Dirkep, pertukaran plakat antara pemerintah kabupaten Minahasa dengan BPJS ketenagakerjaan dan penyerahan cinderamata dari pemerintah desa pulutan kepada BPJS ketenagakerjaan. Membawakan sambutan Bupati Minahasa mengaku salut kepada Hukum Tua dan perangkat desa dan seluruh warga. 

    “Intinya, menjadi apresiasi kami dan kebanggaan kami pemerintah kabupaten Minahasa ketika desa Pulutan menyadari betapa pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan, dan ini yang membanggakan sehingga kami boleh hadir dalam acara ini.” ungkap Bupati. 

    Bupati menuturkan, satu-satunya provinsi di bawah kepemimpinan ODSK yang menanggung tokoh-tokoh agama lewat BPJS ketenagakerjaan dan bahkan seluruh perangkat desa di tambah dengan THL termasuk petugas kesehatan. 

    “Pemerintah hadir bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi rakyat. Kiranya lewat berbagai kegiatan ini akan meningkatkan kepesertaan kita baik dari sisi petani,nelayan, dan pengrajin, sebagaimana perda mengharuskan seluruh perusahaan mengadakan jaminan ketenagakerjaan bagi pekerjanya, dengan BPJS ketenagakerjaan ada keamanan bagi kita,” paparnya. 

    Ia juga menyampaikan BPJS Ketenagakerjaan Minahasa berjumlah 7208 pekerja di antaranya aparat desa 3534, THL 3296 dan perusahaan 578 dan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Minahasa sudah ada 7 Desa, di Kanonang ada 5 desa, Koka Barat, dan desa Pulutan. 

    Selanjutnya, dilakukan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Dirkep, peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh Bupati Minahasa, Dirkep, Depdirwil, Depdirbid, Kadisnaker Prov Sulut dan Kakacab dilanjutkan dengan peninjauan dan pembuatan kerajinan gerabah desa pulutan. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pemberian Doorprize. 

    (jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pulutan Resmi Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top