• Berita Terbaru

    November 15, 2019

    elnusanews/com , November 15, 2019

    Kembangkan Pertanian Jagung NASA-29, BPTP Sulut Gelar MoU PKS dengan PT. Kenos

    PT. Kenos Benua International melaksanakan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait dengan pengembangan pertanian Jagung Nasa-29 di Bolmut, mendukung program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di Sulawesi Utara.

    SULUT,Elnusanews - Komitmen PT.Kenos Cahaya Bangsa dan BPTP Sulawesi Utara, kembangkan pertanian di Bolaang Mongondow Utara semakin mengerucut. Bertempat di Four Points by Sheraton Manado (13/11/2019) pihak PT. Kenos Benua International melaksanakan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait dengan pengembangan pertanian Jagung Nasa-29 di Bolmut, mendukung program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di Sulawesi Utara.

    Komisaris Utama PT.Kenos Cahaya Bangsa, Ir. Jimmy Tampi, M.Th.,mengutarakan komitmennya untuk kembangkan pertanian di Sulawesi Utara.

    "Karena saya melihat peluang usaha ini begitu menjanjikan namun pendapatan dari masyarakat begitu miris. Betapa tidak menurutnya untuk 1 ha petani hanya mendapatkan hasil 3-4 ton jagung, belum termasuk biaya yang dikeluarkan petani. Perjumpaannya secara kebetulan dengan Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara, yang ternyata adalah sumber inovasi teknologi spesifik lokalita adalah tidak salah, dan itu menurut beliau sebagai anugerah Tuhan, dan beliau mensyukuri," ujar Jimmy.

    Lanjutnya ternyata inovasi teknologi terkait dengan jagung tidak hanya sebagai pakan ternak, tapi juga dapat di urai lagi turunan produk jagung. Dan teknologi ini ada di Balitbangtan, seperti yang beliau dengar dari percakapan beliau dengan Dr.Ir.Yusuf,MP., sebagai kepala Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara. dan saya siap fasilitasi itu.

    Komitmen kami, di awal kegiatan utama kami untuk membangun Pabrik Gula di Bolmut, sambil berproses persyaratan untuk pembangunan pabrik dan lainnya, kami bangun petani sekitar dengan memberdayakan tanaman jagung. Dan kami siapkan dari fasilitas proses produksi, pemasaran sampai kebutuhan rumah tangga petani. Keinginan kami petani tidak lagi pusing memikirkan kebutuhan setiap step by step produksi, tapi semua kami siapkan dalam koperasi yang kami sudah bangun di Bolmut.

    Yusuf saat dihubungi menjelaskan bahwa institusi yang dipimpinya, adalah sumber inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi di Sulawesi Utara. Institusi ini adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat yang ada di daerah, menjadi sumber inovasi teknologi spesifik lokasi di daerah. Kami terus melakukan diseminasi hasil-hasil karya anak bangsa untuk hilir deraskan pada pengguna. Dan teknologi itu sudah kami lakukan kajian spesifik lokasi” seperti Jagung Nasa-29, kita sudah adaptasikan selama 3 tahun di Sulawesi Utara, dan hasilnya sangat baik dan diterima masyarakat," tutur Jimmy.

    Yusuf menjelaskan saat ini Kementerian Pertanian melakukan perbanyakan Jagung Nasa-29 di Sulawesi Utara, tepatnya di Remboken kabupaten Minahasa.

    "Kegiatan ini adalah korporasi dengan petani penangkar untuk produksi benih jagung hibrida Nasa 29. Dan ini pada luasan 200 ha, dan dipersiapkan untuk penuhi permintaan petani di Sulawesi Utara, yang terus terganggu dengan ketersediaan benih tidak tepat waktu.
    Kementerian Pertanian komitmen untuk mendekatkan sedekat-dekatnya pada petani, inovasi teknologi hasil anak bangsa, untuk jadi Tuan/Raja di negerinya sendiri. Karena inovasi ini memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan jagung multi nasional lainnya. Namun dengan catatan harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan untuk setiap varietas unggul baru (VUB) yang dihasilkan, ungkap Yusuf saat diskusi setelah penanda tanganan PKS dengan PT. Kenos," beber Yusuf.

    Diskusi semakin menarik dengan hadirnya wakil Bupati Bolmut Drs.Amin Lasena. Beliau begitu semangat dengan hasil pertemuan yang sudah menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam PKS yang telah di tanda tangani kedua belah pihak, sebagai langkah komitmen kembangkan daerah di Wilayah kerja Lasena.

    Kata Lasena kehadiran PT. Kenos akan mengairahkan petani jagung di Bolmut dan Sulawesi Utara umumnya.
    Diskusi mengerucut pada kesiapan hadirkan bapak Menteri Pertanian di Bolmut, untuk melakukan penanaman perdana. Agenda yang telah dirampungkan dibagi habis tim kerja. Pihak Balitbangtan BPTP Sulut dan PT. Kenos akan melakukan kordinasi ke pusat untuk kesiapan ini, dan pihak Bolmut akan melaporkan pada bapak Gubernur Sulawesi Utara dan terus melakukan persiapan di Bolmut.

    Diagendakan kegiatan ini pada akhir bulan Nopember, menurut Jimmy mengingat musim menanam sudah mulai. Dan tidak tanggung-tanggung kami PT.Kenos langsung memesan benih jagung Nasa 29 sebanyak 60 ton.
    "Untuk pencanangan penanaman pada lahan 3000 ha., bersandingan dengan yang telah dan sementara menanam duluan ada 25 ha, tambah Jimmy.

    Sebelum diskusi di tutup, kembali ingatkan dinamika lapangan, bahwa harus dicermati akan pentingnya pendampingan dalam proses produksi. Kunci keberhasilan pada kebenaran proses produksi yang dipersyaratkan oleh varietas.

    "Kongkritnya dari ketersediaan sarana produksi yang tepat dan aplikasi sarana-sarana produksi untuk mencapai potensi yang diharapkan harus sudah tersedia. Tidak nanti mencari saat sudah dibutuhkan, imbuh Arnold C.Turang.

    Diskusi dan penanda tanganan PKS masing-masing dihadiri oleh tim kerja pihak PT. Kenos dan Pihak BPTP Sulawesi Utara, Wakil Bupati Bolmut.

    (*Artur/elnusanews.com)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kembangkan Pertanian Jagung NASA-29, BPTP Sulut Gelar MoU PKS dengan PT. Kenos Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top