• Berita Terbaru

    November 04, 2019

    elnusanews/com November 04, 2019

    Richard Sualang Dorong Disnaker Tingkatkan SDM Tenaga Kerja



    DEPROV,Elnusanews -- Personil Komisi IV DPRD Sulut dr. Richard Sualang mendorong Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) provinsi agar meningkatkan SDM tenaga kerja di sulut.

    Menurut Icad, peningkatan SDM tenaga kerja lokal sangat penting guna bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah, apalagi Upah Minimun Provinsi (UMP) saat ini naik.

    "Ini bukan untuk memproteksi, tapi saya kira untuk jadi acuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di sulut. Kalau angkatan kerja kita ini bisa dipenuhi oleh warga sulut tentunya tidak akan banyak lagi pendatang dari luar yang akan datang mencari kerja disini. Jadi saya kira memang UMP meningkat Sulut ini jadi seperti lampu. Makanya disini untuk Disnaker programnya harus lebih banyak kepada peningkatan SDM," jelas Icad.

    Kepada wartawan, politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, gubernur dan wagub sudah bisa melihat bahwa masalah SDM tenaga kerja di sulut sudah sangat pelik, maka dari itu perlu dibentuk Satuan Tugas (SATGAS) tenaga kerja.

    "Tentunya saya kira, Gubernur dan Wakil Gubernur bisa melihat urusan SDM ini pelik, peliknya itu susah-susah gampang dalam meningkatkan SDM tenaga kerja. Saya mengusulkan supaya dipercepat bagi instansi-instansi terkait ini harus buat satgas tenaga kerja," jelasnya.

    Selain mendorong disnaker, Icad juga mendorong kepada dinas pendidikan daerah agar bisa bekerjasama dengan perusahaan agar di setiap tahun angkatan kerja 75 persen bisa diisi oleh tenaga kerja lokal.

    "Jadi seperti di Dikda mereka dorong SMA dan SMK, ketika dia lulus bukan lulus nilai, tapi lulus kualifikasi untuk mendapatkan pekerjaan. Kalau lulus nilai kan yah dia pasti melamar-melamar saja, tetapi kalau dia ada sertifikasi pekerjaan kalau perlu kerjasama dengan pihak swasta, supaya ketika lulus dapat ijasah dan dapat sertifikat kompetensi," tandas Icad. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Richard Sualang Dorong Disnaker Tingkatkan SDM Tenaga Kerja Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top