• Berita Terbaru

    May 04, 2020

    elnusanews/com May 04, 2020

    Laboratorium PCR Siap Digunakan, Lombok Apresiasi ODSK



    DEPROV,Elnusanews -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut Billy Lombok SH, mengapresiasi pemerintah ODSK atas selesai dibangunnya Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Covid-19 di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas I Manado.

    Menurutnya, hal ini merupakan langkah tepat dan bentuk kesiapan dari pemprov Sulut guna percepatan penanganan covid-19 di Sulut.

    "Saya ingat kami pernah RDP dengan dinas kesehatan, dan saya sampaikan desakan agar diadakan laboratorium memadai di sulut, saat itu dinas menyampaikan terbentur anggaran karena katanya harga pengadaannya ratusan miliar, saya sampaikan agar dinas tidak boleh pesimis, akhirnya direalisasikan oleh pak gubernur. Jadinya Sulut salah satu dari sedikit sekali provinsi yang punya laboratorium yakni DKI Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Banjarbaru. Batam, Medan, Palembang, Makasar, Manado, dan Ambon," ujarnya. 

    Lombok juga mengingatkan agar persiapn serta kesiapan mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) serta bahan dan alat laboratorium haruslah memadai.

    "Hal berikutnya ialah, kesiapan jumlah SDM, kapasitas 90 sample per hari, kemudian kesiapan reagen sebagai bahan pemeriksaan," tukasnya. 

    Dirinya pula menandaskan, dari hasil PCR di beberapa tempat diluar sulut, 15 % ditemukan reaktif.

    "Ini pula yang menurut saya perlu formulasi tepat tindak lanjutnya seperti apa, tapi kita yakin pasti bisa," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Laboratorium PCR Siap Digunakan, Lombok Apresiasi ODSK Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top