• Berita Terbaru

    July 02, 2020

    elnusanews/com July 02, 2020

    Maurits Mantiri: Jangan Malo Bakabong

    BITUNG, Elnusanews - Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri bersama masyarakat Adat Makatana Minahasa melalui Kelompok Tani Minaesa melakukan penanaman Jagung serta panen Milu dan Bete di dua Kelurahan yakni, Kumersot dan Karondoran, Kecamatan Ranowulu, Rabu (1/7/2020), kemarin.

    Maurits Mantiri berpesan agar Makatana Minahasa dapat menjadi garda terdepan membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan.

    Sepengetahuan Wakil Wali kota Bitung yang sangat dekat dengan organisasi masyarakat adat, Makatana Minahasa banyak tenaga muda, semangat muda yang dapat menjadi partner Pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan apa lagi disituasi Pademi Covid-19 ini.

    "Semangat Makatana Minahasa saya sangat tahu pasti. Mari bantu pemerintah dan masyarakat umum dengan terlibat menjaga tahanan pangan. Selain ketahanan pangan penyerapan tenaga kerja juga pasti banyak. Jangan malo bakobong,"kata Maurits.

    Ketua Umum Masyarakat Adat Makatana Minahasa, Alvis Metrico Sumilat mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur dan Dinas Pertanian dan Perikanan Sulut serta Wakil Walikota Bitung sudah membantu dan memfasilitasi Makatana Minahasa untuk berkebun.

    "Membantu dan memfasilitasi Makatana Minahasa berkebun sangat kami apresiasi baik pribadi maupun organisasi. Makatana Minahasa sebagai Organisasi Masyarakat Adat memang salah satu terget perjuangannya ya memperkuat petani Minahasa. Terima kasih Gubernur, Kadis dan Wakil Walikota Bitung," kata Sumilat.

    Sedangkan penjelasan dari ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Makatana Minahasa Sulawesi Utara, Rocky Oroh bahwa gerakan bertani dari organisasi menargetkan 100 hektar diseluruh daratan Minahasa yang akan dibagi di seluruh Pakasaan (tingkat Kota/Kabupaten).

    "Namun sementara ini baru digarap 5 hektar lahan jagung sebagai pilot projects kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Sulawesi Utara;"jelasnya.

    "Untuk sementara ini baru 5 hektar yang akan kami tanami dari total target 100 hektar. Ini pilot projects jika berhasil kami akan menyelesaikan 95 hektar lainnya disejumlah wilayah di Minahasa. Ini semua dibantu pemerintah daerah,"tambah  Oroh.

    Oroh berharap seluruh komponen Masyarakat Adat Makatana Minahasa menyiapkan diri untuk membantu pemerintah di masa Pademi Covid-19 dengan berkebun. Selain mendapatkan hasil dari bertani, penyerapan tenaga kerja juga sudah jelas akan mengikuti.

    "Untuk 5 hektar ini Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Sulut telah dan sementara membantu pengolahan lahan, bibit jagung serta pupuk. Diperkirakan jika diasumsikan 1 hektar panen 10 ton maka Kelompok Tani Minaesa akan memanen jagung sebanyak 50 ton;"tandasnya. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Maurits Mantiri: Jangan Malo Bakabong Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top