• Berita Terbaru

    February 14, 2021

    elnusanews/com February 14, 2021

    Kenangan Fabian Kaloh Yang Tak Terlupakan Dengan Sang Visioner Sinyo Harry Sarundajang


    MANADO,Elnusanews -- Kepergian Sinyo Harry Sarundajang (SHS) meninggalkan kenangan yang sangat berarti bagi legislator DPRD Sulut Fabian Kaloh.

    Kepada wartawan, Sabtu (13/02/21) kemarin, Fabian Kaloh yang merupakan mantan birokrat Kota Bitung mengisahkan pengalamannya saat mengawali karirnya sebagai abdi negara.

    "Saya jadi Camat saat 12.000 orang pengungsi Maluku tiba di Pelabuhan Bitung dan ditempatkan dibeberapa lokasi camp pengungsian termasuk Kodim dan Secata B Wangurer," kata Politisi PDIP ini.

    Sambil mengenang, Fabian Kaloh pula menuturkan bahwa Almarhum SHS memerintahkan agar dirinya stand by menunggu 1x24 jam di pelabuhan Bitung karena kedatangan kapal yang membawa pengungsi tersebut tidak pasti.

    ”Camat karena kapal pengungsi tidak pasti jam datangnya, Camat tunggu 1X24 jam di Pelabuhan dan beberapa titik lain tempat kapal sandar, jangan tidur, karna tidak boleh ada 1-pun pengungsi yang tercecer, semua harus bawa dicamp," kenang Fabian Kaloh.

    Politisi Dapil Minut-Bitung ini juga mengatakan, yang lebih hebatnya lagi dari beliau (SHS-Red) semua camp pengungsi didatangi oleh SHS, untuk menenangkan hati pengungsi yang lagi sedih, takut dan cemas.

    "Saya ingat kata-kata beliau "Kalian aman di Kota Bitung, kami akan menjaga dan urus kalian semua, tapi juga jangan bawa emosi kalian dari sana ke Kota Bitung ini," ungkap Fabian Kaloh mengutip kalimat Almarhum SHS.

    Almarhum SHS dalam kenangan Fabian Kaloh, sangat serius dan tulus mengurus para pengungsi. Apalagi presiden saat itu Megawati Soekarnoputri mempercayakan SHS sebagai Pj Maluku dan Maluku Utara. Oleh karena itu, sebagai mantan bawahan dari almarhum SHS dirinya dangat merasa kehilangan.

    "Sangat serius dan tulus beliau mengurus Pengungsi dan mungkin karna itu juga beliau dipercayakan Presiden saat itu Ibu Megawati Soekarnoputri jadi Pj Maluku dan Maluku Utara tahun 2002 lalu, makanya kita sebagai mantan anak buahnya merasa kehilangan mantan Pimpinan yang handal dan Hebat," tutup Fabian Kaloh. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kenangan Fabian Kaloh Yang Tak Terlupakan Dengan Sang Visioner Sinyo Harry Sarundajang Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top