• Berita Terbaru

    February 23, 2021

    elnusanews/com , February 23, 2021

    Genjot Program ODSK Disektor Kebudayaan, Mawitjere Jelajah Situs dan Cagar Budaya

    SULUT,Elnusanews - Plt Kadis Kebudayaan (Kadisbud) Daerah Provinsi Sulut Patricia Mawitjere mewujudkan komitmennya untuk Pemajuan Kebudayaan di daerah.

    Hal itu terbukti dengan kunjungan kerja Tim Disbud Sulut yang dipimpin Plt Kadisbud Patricia Mawitjere, menjelajah situs dan cagar budaya di Kota Bitung, blusukan ke Sanggar Seni sampai pada Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Bitung, Senin (22/02/2021).


    Tentunya, hal ini terkait erat untuk rancangan Program Prioritas Strategi Pemajuan Kebudayaan di daerah.

    Untuk itu, dengan merangkul para pegiat budaya Kota Bitung, Mawitjere bersama tim mengunjungi sejumlah situs dan cagar budaya di wilayah itu.

    Adapun situs dan cagar budaya yang dikunjungi yaitu;

    – Situs yang terletak dekat Sagerat; Watu Siouw Kurur dan Tandeki (Batu Papan). Keduanya merupakan peninggalan Megalit.


    – Situs Rumah Hukum Tua Pertama Kota Bitung (Hendrikus Langilangelo) dan Batu Pasela Aertembaga.

    – Situs Mata Air; Danowudu dan Mataingkere.

    Selain itu, tim Disbud Sulut melakukan Audiens dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan Daerah Kota Bitung terkait Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Bitung.


    Pada kesempatan itu, tim Disbud Sulut juga membahas data Situs dan Cagar Budaya, data Sanggar Seni yang aktif, Seniman dan Pelaku Seni di Kota Bitung.

    Tim juga beraudiens dengan Pendamping Penyusun PPKD Kota Bitung dari Kemendikbud, Rivai di tempat Pelatihan Kegiatan Belajar Masyarakat ‘Nikita Waya’.


    Hal yang sama dilakukan guna membangun Jejaring dengan para seniman theater dan seni rupa yang tergabung dalam Sanggar di Kota Bitung.

    “Dengan merangkul para Seniman, Pegiat Budaya di daerah tentunya dengan harapan, kita sama-sama mewujudkan Pemajuan Kebudayaan sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” kata Plt Kadisbud Patricia Mawitjere.


    Selain Kota Bitung, kunjungan kerja akan dilakukan Disbud Sulut pada Kabupaten/Kota lain sebagai bagian sinergitas guna Pemajuan Kebudayaan Sulawesi Utara. 

    (roker/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Genjot Program ODSK Disektor Kebudayaan, Mawitjere Jelajah Situs dan Cagar Budaya Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top