• Berita Terbaru

    April 02, 2022

    elnusanews/com April 02, 2022

    Forkopincam Kecamatan Manganitu,Dinas LH Dan Satpol PP Kerja Bakti Bersihkan Tumpukan Sampah Di Pasar Ikan Manganitu


    SANGIHE, Elnusanews- Tindak lanjut mengenai pengeluhan warga terkait tumpukan sampah di pasar ikan Manganitu, Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopincam) Kecamatan Manganitu, Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kerja bakti  bersihkan tumpukan sampah di pasar  manganitu,Sabtu (2/4/2022).

    Camat Manganitu Julian Pesik, SSTP saat di temui Elnusanews.com memaparkan hari ini kami menginisiasi pelaksanaan kerja bakti massal pembersihan Pasar Manganitu dengan fokus utama area pasar ikan. 

    "Kegiatan ini sebagai tindaklanjut aduan masyarakat serta informasi rekan-rekan media dan merupakan bagian pelaksanaan solusi serta strategi penanganan Sampah yang kami ambil, tutur Pesik.

    "Kerja bakti ini melibatkan TNI/Polri, Para Guru, TP PKK Kecamatan, Pemerintah Kampung dan Masyarakat, serta dibantu oleh Kakan Satpol bersama jajaran dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup bersama jajaran,"pungkasnya.

    Terkait persoalan sampah, kami telah menyampaikan 4 (empat) solusi, yaitu Peninjauan, Rakor Lintas Sektor dengan melibatkan para pihak dan instansi teknis, Langkah Pembinaan melalui Sosialisasi dan Edukasi, serta Langkah konkrit penanganan berkelanjutan yaitu, mengusulkan melalui instansi teknis yang membidangi pasar untuk membuat tata tertib dan kesepakatan bersama, menghimbau para pedagang untuk melaksanakan kerja bakti rutin minimal sebulan sekali yaitu tiap jumat minggu pertama bulan berjalan, solusi jangka panjang melalui pengusulan Kontainer atau armada sampah, serta pembangunan TPA.

    "Melalui kesempatan ini kami menghimbau kepada para penjual untuk menjaga ketertiban serta kebersihan area pasar, toh pada akhirnya jika pasar bersih dan teratur serta bebas sampah, para pedagang dan pengunjung akan merasa nyaman dan tercipta lingkungan yang sehat,"pinta Pesik.

    "Kami menyadari bahwa kendalanya adalah masih belum tersedianya TPS, dan manganitu jauh dari TPA.

    Mari ambil bagian sebagai generasi solutif, serta meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih dan sehat, sebab ini merupakan tanggungjawab bersama,"tutup Pesik. 

    Terpantau warga masyarakat di seputaran pasar manganitu ikut bersama-sama berperan serta dalam kerja bakti tersebut.




    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Forkopincam Kecamatan Manganitu,Dinas LH Dan Satpol PP Kerja Bakti Bersihkan Tumpukan Sampah Di Pasar Ikan Manganitu Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top