• Berita Terbaru

    June 08, 2022

    elnusanews/com , June 08, 2022

    Wagub Steven Kandouw Tolak Penghapusan Tenaga Honorer

     


    SULUT,Elnusanews - Sebanyak 7000 Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) ikut terancam kehilangan pekerjaan.

    Penghapusan honorer tahun depan berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

    Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan akan menjalankan kebijakan pemerintah pusat.

    "Prinsipnya pemerintah daerah harus melaksanakan semua kebijakan pemerintah pusat. Termasuk regulasi-regulasi yang bersifat umum seperti itu," ungkapnya kepada awak media, Rabu (8/6/2022).

    Meski begitu, masalah penghapusan THL tak bisa serta merta langsung dihilangkan karena penguatan.

    "APBD secara tidak langsung mendorong pertumbuhan ekonomi. Termasuk menciptakan lapangan pekerjaan. Mendorong kegiatan ekonomi berjalan di tengah masyarakat. Kalau secara langsung yaitu mengangkat pegawai termasuk THL," ujarnya.

    "Bayangkan kalau tiba-tiba kita langsung meniadakan THL. Jadi, satu hal yang perlu kita kaji lebih luas, tapi harus ada action plan-nya. Nanti kita duduk berembuk bersama-sama. Memikirkan nasib 7000 THL," beber Wagub.

    Tidak main-main, kata Wagub, mengurus 7000 THL punya konsekuensi.

    "Konsekuensi-konsekuensinya banyak. Fungsi APBD menciptakan lapangan pekerjaan langsung-tidak langsung. Dan saat ini sementara berjalan kita bisa lakukan itu. Walaupun ada regulasi-regulasi seperti tiap tiga bulan evaluasi, profesionalismenya semakin ditingkatkan melalui assesment, uji kompetensi," imbuhnya. 

    Sembari orang nomor dua (2) di Sulut itu mengatakan bahwa rata-rata seluruh kepala daerah di Indonesia menolak penghapusan tenaga honorer. 

    Dimana, hal tersebut terungkap saat kegiatan pertemuan forum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APSI) di Bali (waktu lalu) dan dihadiri para gubernur se-Indonesia/perwakilan, termasuk yang hadir saat itu pula Wagub Steven Kandouw.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Steven Kandouw Tolak Penghapusan Tenaga Honorer Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top