• Berita Terbaru

    November 02, 2022

    elnusanews/com , November 02, 2022

    Mencermati Keluhan Jasa Pelayanan Air Bersih Oleh PDAM, Ngenget Mengaku Masih Banyak Akan Dibenahi



    TOMOHON,Elnusanews - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon terus berbenah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya pelayanan kepada pelanggan. Hal tersebut diungkapkan Direktur Umum PDAM Kota Tomohon, Adrian Boy Ngenget pada Elnusanews.com, Rabu (2/11/2022).

    Adrian Ngenget, tertantang Maju untuk Memperbaiki dan Meningkatkan Pelayanan PDAM Kota Tomohon.

    Dirinya mengakui ada begitu banyak pembenahan yang harus dilakukan dalam tubuh PDAM baik secara eksternal (pelayanan terhadap pelanggan, perbaikan jaringan, penambahan sumber air, ddan internal (sistem/SOP, karakter/moralitas/disiplin pegawai, tata aturan perusahaan.

    Ia mengatakan kurang lebih 6 bulan dipercayakan pimpinan, langkah awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi dan menginvetarisir permasalahan-permasahan.

    Adapun hasil yang didapatkan, kata dia secara eksternal dengan sumber daya yang ada dan terbatas, pihaknya berupaya langsung menangani permasalahan yang ada dengan membentuk Tim "fast respon" untuk langsung menangani aduan pelanggan, perbaikan jaringan, pembersihan sumber air, penggantian mesin pompa yang rusak.

    "Bahkan ada beberapa area yang bertahun-tahun tak ada pelayanan air sekarang sudah bisa menikmatinya. Untuk aduan dari pelanggan (langsung di kantor, via medsos, telp hotline, wa, melalui pegawai, dll) kami buat daftar checklist agar bisa ditindaklanjuti dan dimonitor sampe selesai perbaikan dan tidak ada yg terabaikan (terlampir)," ungkapnya.

    Lanjut, secara internal kata dia, khusus yang menjadi polemik saat ini menyangkut pembayaran pelanggan yang tidak masuk ke kas PDAM, hal itu adalah benar, yang kami dapatkan melalui identifikasi dan uji petik oleh Satuan Pengawasan Intern PDAM kepada pelanggan langsung.

    "Mendapatkan fakta-fakta seprti ini, maka saya membentuk Timsus (8 Tim, 18 orang) untuk door to door kepada pelanggan, sekaligus akan menindak dengan keras/tegas pegawai-pegawai yang melakukan penyimpangan dan merugikan perusahaan dan pelanggan yang sudah membayar. Selanjutnya atas temuan SPI, berdasarkan tingkatan pelanggaran, sudah ada yang di Skors di rumahkan, diberikan SP 1 dan 2 dan 1-2 hari ini akan ada yg di PHK (namun kerugian terhadal perusahaan/pelanggan tetap akan diproses). Dan untuk menghindari penyimpangan seperti disebut di atas, saat ini kami sudah membangun sistem yang bisa di download di hp yakni PDAM INFO, di mana pelanggan bisa lihat pemakaian meter dan jumlah tagihan periode berjalan maupun tunggakan dan bisa langsung membayar dlm aplikasi tsb melalui virtual account "BRIVA", BNI. Untuk menghindari pembayaran langsung kepada penagih, pelanggan disarankan untuk bayar via mobile loket, atm, indomaret (sdh kerjasama) atau langsung di loket kantor PDAM. SIstem-sistem pembayaran ini dalam waktu dekat kami akan cetak dan bagikan pd pelanggan dan akan sampaikan ke kelurahan utk disosialisasikan pd masyarakat/pelanggan," tutur Boy panggilan akrabnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mencermati Keluhan Jasa Pelayanan Air Bersih Oleh PDAM, Ngenget Mengaku Masih Banyak Akan Dibenahi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top