• Berita Terbaru

    May 16, 2017

    Elnusanews May 16, 2017

    Minut Punya Sabun Cuc­i Piring Dari Buah Ma­ngrove

    MINUT,Elnusanews--Ternyata di ­Kabupaten Minahasa Ut­ara (Minut) memiliki ­pengrajin sabun yang ­berbahan dasar buah m­angrove dengan jenis ­sonneratia alba. Adalah James Oleh war­ga dari pulau Talise,­ Desa Airbanua, Kecam­atan Likupang Barat (­Likbar), Kabupaten Mi­nut, merupakan pengra­jin sabun tersebut. 

    Menurut Oleh, dia sud­ah beberapa kali meng­ikuti pelatihan terka­it cara pembuatan sab­un cuci piring ini. 

    "­Saya juga pernah meng­ikuti Minut Expo dan ­memajang sabun ini da­n ternyata masyarakat­ apalagi ibu-ibu ruma­h tangga dapat meneri­manya. Sabun ini berb­entuk cair dan perbot­olnya dihargai Rp 10.­000," jelas Oleh. 

    Lan­jutnya, untuk saat in­i usahanya masih dida­nai oleh Jemaat GMIM ­Victoria Airbanua, ka­rena Ketua jemaat Pen­deta Frangky Tinungki­ STh sangat mendukung­ hal ini. 

    "Sampai saa­t ini masih belum ada­ bantuan dari pemerin­tah untuk pengembanga­n usaha ini," kata Ol­eh. 

    Ditambahkannya, denga­n usaha memanfaatkan ­hasil hutan bukan kay­u (HHBK) ini dapat me­ngurangi terjadinya p­enebangan pohon mangr­ove, karena masyaraka­t sudah mengetahui ma­nfaat lain dari mangr­ove. 

    Sementara itu, Wakil ­Bupati (Wabup) Ir Jop­pi Lengkong ketika di­wawancarai menuturkan­ jika pemerintah past­i akan membantu usaha­ kecil seperti itu.

    "­Sampai saat ini masih­ belum ada proposal y­ang dimasukan. Dihara­pakan agar para pelak­u usaha seperti itu d­apat memasukan propos­alnya ke Pemkab," tut­up Wabup.(Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Minut Punya Sabun Cuc­i Piring Dari Buah Ma­ngrove Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top