• Berita Terbaru

    May 28, 2017

    Elnusanews May 28, 2017

    Astaga!!!, Selama 4 Tahun, Kantor Pengamat BMKG Gunung Soputan di Desa Maliku "Tabiar'

    MINSEL, Elnusanews- Kantor Pengamat Gunung Berapi Soputan, sejak kurun Waktu 4 tahun silam sudah tidak di fungsikan sebagaimana mestinya.

    Adapun Kantor pengamat BMKG yang terletak di Desa Mlaliku I Kec. Amurang Timur ini, sudah berdiri sejak tahun 1989-1990. Padahal, keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa setempat dan desa sekitarnya.

    Menurut penuturan salah satu tokoh masyarakat setempat yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, sejak tahun 1989 sampai tahun 1990 (berdirinya), bangunan tersebut kehadirannya sangat membantu masyarakat desa Maliku Raya dan desa Sekitarnya dalam mendeteksi gangguan/ancaman bahaya yang  kala itu sempat meletusnya Gunung berapi Soputan.

    Namun sejak kurang lebih 4 tahun terakhir, bangunan fisik tersebut sudah dibiarkan begitu saja serta seluruh peralatan lainnya sudah dipindahkan ke Kabupaten Mitra oleh BMKG Sulut. Dengan alasan bahwa" sulitnya ketersediaan Air Bersih serta Akses Jalan". Namun yang masih tertinggal hanya dua buah Antena yang diketahui masih berfungsi.

    Atas dasar inilah, yang membuat masyarakat setempat sangat kecewa dengan sikap yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Propinsi Sulut. Hingga, rumput-pun dibiarkan hampir sejajar dengan bangunan tersebut.

    Kumtua Desa Maliku I Kec Amurang Timur, Benny Tamunu, SE (27/5/2017) membenarkan bahwa apa yang menjadi pengeluhan pegawai BMKG benar adanya.

    "Memang, waktu itu akses jalan serta ketersediaan air bersih  sangat sulit. Namun saat ini kami sudah mengambil tindakan serta semuanya telah diatasi dengan baik" terangnya.

    Ditambahkan pula bahwa, jarak antara Desa Maliku Raya (Maliku dan Maliku I) untuk mencapai Gunung Berapi Soputan sepanjang 8 KM, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 600 lebih.

    Selaku Pemerintah dan Masyarakat yang ada di Desa Maliku I khususnya Maliku Raya, mengharapkan kiranya Pemkab Minsel (CEP-FDW) untuk dapat mengambil langkah/kebijakan terkait pengeluhan tersebut. Serta meminta kepada BMKG Propinsi Sulut, untuk sekiranya dapat mengaktifkan kembali Kantor Pengamat Gunung Berapi yang ada di Desa Maliku Raya.

    Dari pantauan kami di lokasi terlihat, bangunan yang dulunya dipakai BMKG untuk mendeteksi gangguan ancaman Gunung Soputan, kini mulai rusak dimakan rayap serta hampir seluruh bangunan tidak kelihatan akibat ditutupi rumput yang tinggi membumbung.

    Reky Laanda
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Astaga!!!, Selama 4 Tahun, Kantor Pengamat BMKG Gunung Soputan di Desa Maliku "Tabiar' Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top