• Berita Terbaru

    May 30, 2017

    Elnusanews , May 30, 2017

    Soal Pengrusakan Dua Irigasi, Tuuk Sebut Silangen Gagal Total Awasi Aset Pemprov

    Foto : Ir Julius Jems Tuuk
    DEPROV,Elnusanews - Areal persawahan yang luas lahannya sekira 10 Hektare yang dahulunya ditanami padi oleh warga yang ada di Desa Bolangat Timur, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kini terancam tidak berproduksi lagi. Tak hanya itu, warga desa Bolangat pun terancam kehilangan mata pencaharian mereka.

    Pasalnya, dua irigasi di desa tersebut diduga telah dirusak oleh pihak perusahaan PT Karunia Kasih Indah (KKI) akibat dari pengalih fungsian  lahan Hak Guna Usaha (HGU) dari lahan persawahan menjadi lahan kelapa sawit. 

    Dua irigasi masing-masing yang dibangun tahun 1996 dengan menelan anggaran APBD sekira Rp.9 miliar dan tahun 2015 telan anggaran Rp.3,2 miliar kini bak sampah tak berguna. Akibatnya lahan persawahan tersebut tidak dialiri air lagi. 

    Foto : Saluran irigasi yang dirusak
     Atas hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulut Ir Julius Jems Tuuk menilai pemerintah telah gagal dalam memilihara sekaligus mempertahankan aset daerah.

    Lewat ponselnya Selasa (30/05), Tuuk mengatakan bahwa Edwin Silangen, Sekretaris Pemprov Sulut gagal total.

    "Beliau gagal dalam mengawasi anak buahnya," ujarnya.

    Dikatakannya, seharusnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut sebagai instansi terkait mestinya prihatin dengan kondisi irigasi yang ada di Bolangat.

    Foto : Saluran irigasi yang dirusak
    "Tapi, Dinas PU Provinsi Sulut tidur. Sudah dua tahun PT. KKI rusak irigasi, kemana aja mereka," tegas personil Komisi I bidang Pemerintahan ini.

    Legislator yang dikenal paling vokal di parlemem ini juga menilai pejabat PU hanya kerja saat ada proyek yang akan dikerjakan.

    "Tapi saat mengawasi sudah tidak mau. Inilah wajah PU Sulut. Mungkin saat pengawasan uangnya sudah tidak ada, jadi mereka malas mengawasi. Ini salah satu bentuk kegagalan dari Tim Edwin Silangen," lugasnya.

    Sementara itu, Dinas PU Provinsi Sulut lewat Kepala Dinas Steve Kepel, saat dikonfirmasi wartawan lewat ponsel mengatakan akan segera meninjau lokasi irigasi tersebut. 

    "Besok tim kami akan tinjau lapangan. Bila memang ada pengrusakan aset pemprov maka akan di proses secara hukum," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal Pengrusakan Dua Irigasi, Tuuk Sebut Silangen Gagal Total Awasi Aset Pemprov Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top