• Berita Terbaru

    May 26, 2017

    elnusanews/com , May 26, 2017

    Gubernur Olly Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unsrat

    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan orasi ilmiah pada Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-67 Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Graha Gubernuran Manado, Jumat (26/5/2017).

    Adapun Olly menyampaikan orasi ilmiah berjudul Konsep Trisakti Tentang Kemandirian Ekonomi Dalam Pembangunan Ekonomi Pertanian Di Provinsi Sulawesi Utara.

    Menurutnya, judul tersebut dipilih dikarenakan banyaknya masyarakat Sulut bekerja sebagai petani ditambah ketidakstabilan politik dan ekonomi dunia yang berdampak bagi Indonesia.

    "Saya memilih judul ini karena sebagian besar masyarakat Sulawesi Utara adalah petani. Adanya kekacauan politik-ekonomi yang dialami negara-negara di dunia berdampak bagi Indonesia, termasuk didalamnya para petani di Sulawesi Utara," katanya.

    Situasi itu dikatakan Olly berpotensi mengancam kedaulatan ekonomi, lebih khusus ekonomi pertanian. Oleh sebab itu Konsep Trisakti yang dicetuskan pertamakali oleh Presiden RI ke-1 Ir. Soekarno itu dipandang penting dan mendesak diterapkan dalam program pembangunan. Adapun Gagasan Trisakti itu terdiri dari berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

    "Konsep Trisakti dipandang relevan dan urgen untuk diimplementasikan dalam program pembangunandalam usaha melepaskan diri dari ketergantungan terhadap investasi asing guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur," imbuh Olly.

    Lebih jauh gubernur menerangkan tentang pemberdayaan masyarakat yang meliputi semua aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam pembangunan ekonomi pertanian berarti melaksanakan langkah modernisasi. Olly juga mengutip pendapat Schrool (1974) yang menjelaskan bahwa modernisasi suatu masyarakat adalah suatu proses transformasi yaitu perubahan masyarakat dalam segala aspek.

    "Hal ini berarti membangun kemandirian ekonomi harus didukung dengan proses modernisasi desa, lebih khusus sektor pertanian," tegasnya.

    Olly juga menyinggung Program Nawacita dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai turunan dari Konsep Trisakti Bung Karno. Hal itu membuka peluang bagi Sulut untuk meletakkan pembangunan ekonomi pertanian desa melalui program pemeberdayaan masyarakat di atas landasan Konsep Trisakti.

    "Dengan demikian maka kemandirian ekonomi desa dapat diwujudkan, desa ideal yang kita harapkan dapat terbentuk dan pada akhirnya profil desa yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian dalam berbudaya dengan sendirinya memperkuat bangsa Indonesia di segala bidang," ujarnya.

    Adapun dies natalis turut dihadiri Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Jantje Pelealu, M.Si, Ketua Senat Dr. Ir. Marthen Theo Lasut, M.Si dan seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian Unsrat.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Olly Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unsrat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top