• Berita Terbaru

    May 30, 2017

    elnusanews/com , , May 30, 2017

    Dinkes Gelar Pertemuan Advokasi Yankestrad

    SULUT,Elnusanews - Bidang Upaya Pelayanan Kesehatan (UPK Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, menggelar Pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Tradisional bertempat di Hotel Arya Duta Manado, Selasa (30/5/2017).

    Pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Tradisional tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Lynda Watania mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

    Gubernur Olly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Lynda Watania mengatakan, melalui pelaksanaan agenda saat ini ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita bersama sebagai berikut, yang pertama, meskipun kedokteran modern semakin berkembang namun pelayanan kesehatan tradisional tetap memperoleh ruang tersendiri di masyarakat. Kedua, Hal ini dibuktikan dengan hasil riset kesehatan dasar tahun 2013 yang menemukan bahwa proporsi rumah tangga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan tradisional indonesia mencapai 30,4 persen dengan jenis pelayanan yang digunakan ketrampilan tanpa tanpa  alat sebesar 7,8 persen dan ramuan sebesar 49 persen. Ketiga, perkembangan pelayanan kesehatan tradisional yang pesat ini cukup beralasan, karena didukung oleh besarnya keanekaragam hayati yang tumbuh subur di tanah air. Keempat, kondisi ini mengambarkan bahwa pelayanan kesehatan tradisional kedepannya mempunyai potensi yang cukup besar dan perlu mendapat perhatian yang serius termasuk kegiatan advokasi dan pengawasan sebagai bagian dari pembangunan kesehatan nasional. Kelima, sejalan dengan itu pemerintah sebagai regulator akhir tahun 2014 telah mengesahkan peraturan pemerintah nomor 103 tahun 2014 yang mengatur tentang pelayanan kesehatan tradisional.

    "Oleh karena itu, Gubernur Olly menyambut positif pelaksanaan agenda ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan tradisional di daerah sekaligus diwaktu bersamaan melakukan bimbingan dan pengawasan sesuai aturan yang ada. Dalam kerangka ilmiah penting bagi kita untuk senantiasa terus berupaya mengkoordinasikan serta mensinkronkan berbagai program dan kegiatan pelayanan kesehatan tradisional yang telah dan akan dilaksanakan di daerah kita masing masing," ungkap Watania.

    Selain itu kata Watania, melalui agenda ini Gubernur Olly berharap untuk mengevaluasi dan memperbaiki setiap pelaksanaan program serta mengidentifikasi, menginventalisir berbagai hambatan dan tantangan sekaligus jadikan moment ini sebagai wadah untuk mempererat huhungan kemitraan sehingga terciptanya sinergitas dan keselarasan dalam pengelolaan pelayanan kesehatan tradisional di provinsi Sulut.

    "Untuk itu, saya berharap kepada peserta dari pemprov, pemkab/pemkot untuk memaksimalkan waktu yang ada dengan mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya," harap Gubernur.

    Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Upaya Pelayanan Kesehatan (UPK), dr Lidya Tulus, mengatakan adapun tujuan Pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Tradisional adalah mensosialisasikan regulasi atau kebijakan terkait dengan pelayanan kesehatan tradisional kepada pemangku jabatan atau pemerintah provinsi dan Kab/Kota.

    Pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Tradisional tersebut dihadiri oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI, Dra Minawati Apoteker M.Kes, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Debie Kalalo, Kepala Bidang (Kabid) Upaya Pelayanan Kesehatan (UPK), dr Lidya Tulus, serta seluruh jajaran Dinkes Kab/Kota, TP-PKK Provinsi Sulut, Biro Kesra Setdaprov, Fakultas Kesehatan Masyarakat, BPM dan PTSP, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinkes Gelar Pertemuan Advokasi Yankestrad Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top