• Berita Terbaru

    April 26, 2018

    elnusanews/com April 26, 2018

    Wagub Kandouw Minta Pariwisata Danau Tondano Terus Dikembangkan

    MANADO, Elnusanews - Saat membuka Forum Koordinasi Lintas Sektor Pariwisata Sulut pada Kamis 26 April 2018 di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sulut terus mensupport berbagai upaya dalam pengembangan pariwisata di wilayah Sulawesi Utara.


    “Saya meminta objek pariwisata di Danau Tondano terus dipacu pengembangannya,”ujarnya

    Selain itu, lanjut dirinya berbagai objek wisata penunjang di sekitar Danau Tondano, seperti kawasan kawasan Benteng Moraya untuk terus dibenahi dengan menyiapkan sarana toilet dan fasilitas lain yang memadai.

    Dikesempatan itu Kandouw juga mengharapkan Kadis Pariwisata Minahasa untuk memantau terus keberadaan Benteng Moraya ini, jangan sampai fasilitas toilet di obyek wisata budaya itu kehabisan air.

    “Mengingat kurangnya sarana penginapn di daerah ini, Saya berharap pariwisata berbasis kerakyatan di sekitar Danau Tondano ini dapat dikembangkan. Saya kira sudah Saatnya kita kembangkan Pariwisata yang berbasis kerakyatan, dengan mendorong masyarakat menyiapkan Home Stay bagi wisatawan yang akan datang,” ungkap Wagub.

    Sementara Kadis Budpar Agustivo Tumundo sangat mengapresiasi berbagai perhatian Pemprov Sulut melalui arahan Wagub Steven Kandouw tersebut.

    Disamping itu, Tumundo mengapresiasi juga kepedulian Pemprov dalam upaya membersihkan eceng gondok melalui pemberian fasilitas alat canggih sejenis ‘watermaster’ serta upaya lain dalam menarik minat para investor untuk membangun berbagai fasilitas di sekitar Danau Tondano ini.

    Tumundo juga mengaku pihaknya sementara menjejaki kemungkinan kawasan Danau Tondano ini akan dibuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bidang Pariwisata.

    “Sesuai petunjuk Bapak Pj Bupati Minahasa agar dibuat terobosan-terobosan sehingga di tahun-tahun mendatang akan ada Sky Line yang beroperasi dengan mengelilingi Danau Tondano ini” ungkap Tumundo.

    Menindaklanjuti hal itu, Tumundo dalam pertemuan dengan Deputi Menteri Pariwisata Bidang Destinasi Pariwisata minggu lalu, telah menyampaikan “mimpi” tersebut, dan mendapat tanggapan positif dari Deputi Menpar.

    “Kepada Bapak Deputi Dadang Rizky Ratman saya sudah sampaikan ide tersebut, dan beliau telah meminta saya untuk memasukan Master Plan Danau Tondano untuk di bawa ke kantornya di Kementerian Pariwisata” urai Tumundo.

    Diharapkan Tumundo, sekiranya terobosan ini terwujud, dan didukung dengan sinergitas yang terjalin baik oleh Pemkab Minahasa dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, pasti ini akan menjadikan Minahasa menjadi magnet wisatawan di Sulut nanti.


    Sementara, dikegiatan Forum Koordinasi Lintas Sektor Pariwisata Sulut, Pemerintah Kabupaten Minahasa sendiri mengutus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi dan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Jimi Pinangkaan SE MSi.


    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Kandouw Minta Pariwisata Danau Tondano Terus Dikembangkan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top