• Berita Terbaru

    August 31, 2018

    elnusanews/com August 31, 2018

    Menteri TJAHJO KUMOLO Sukses Buka Rapat kordinasi Nasional Camat

    MINUT, Elnusanews-- Camat sebagai salah satu pranata pemerintahan  perlu bekerja profesional dengan pengembangan kemampuan intelektual, loyal dan mengikuti sesuai pranata hukum.

    Hal itu diingatkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam Rapat Koordinasi Nasional Camat Regional Satu Tahun 2018, Kamis (30/8/2018) di Sutan Raja Hotel Watutumou Kalawat Minahasa Utara.

    Rakornas yang dihadiri sekitar 500-an camat tersebut, merupakan camat dari provinsi se- Sulawesi, Maluku dan Papua.
    Acara disponsori Kementerian Dalam Negeri Ditjen Bina Administrasi wilayah, serta dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, Irwasum Polri Komjen Pol Putut Bayu Seno, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI T Aritonang, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Wakapolda Sulut, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Eko Subowo.

    Hadir pula Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam Irjen Pol Carlo Brix Tewu, Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, Wali Kota Manado DR Vicky Lumentut, Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong MSi, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK, Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu MA serta lainnya.
    “Para camat harus loyal dengan pimpinan dan aturan. Para camat harus paham akan situasi di wilayahnya dan harus bekerja optimal dalam pelayanan publik yang maksimal,” kata Kumolo.

    Sementara itu, Menkopolhukam Jend TNI (Purn) Wiranto mengatakan, para camat merupakan posisi yang strategis dan sebagi ujung tombak pemerintahan di wilayah kecamatan.

    Camat harus bisa mensosialisasikan keberhasilan pemerintahan kepada masyarakat secara baik dan benar.

    Berbagai ancaman disintegrasi bangsa sat ini mulai dimunculkan, sehingga kita harus berani untuk mencegahnya.

    Dilanjutkannya, berbagai ancaman yang dihadapi saat ini diantaranya, terorisme, radikalisme, narkoba, hoax, paham intoleran yang mengancam keutuhan NKRI.

    “Camat harus tahu kondisi negara dan camat harus bisa meredam segala persoalan di wilayahnya,” ujar Wiranto.

    Ditambahkannya lagi, paling penting juga adalah koordinasi dengan jajarannya untuk sama-sama bekerja menjaga keamanan wilayah.

    “Musuh saat ini muncul dari dalam negara sendiri. Kita hrus bersatu dan berani tangkal bersma,” ujar Wiranto.
    Sekitar 500-an camat menghadiri Rakornas 2018.

     Terpisah Bupati Minahasa Utara Vonnie Panambunan bersyukur dan berterima kasih kepada Mendagri dan Gubernur Sulut, karena telah mempercayakan Minut sebagai tuan rumah pelaksana Rakornas Camat Regional I tahun 2018.

    “Saya berharap bahwa melalui Rakornas ini, camat akan memiliki pemahaman yang baik terhadap peran strategis camat dalam melaksanakan program prioritas nasional, di antaranya pembinaan dan pengawasan dana desa serta penyelenggaraan pemerintahan umum dan pelayanan publik,” ujar Bupati Panambunan.

    Sebelum membuka, Menkopohukam Wiranto dan Mendagri Tjahjo Kumolo memasang tanda peserta kepada 2 orang camat, kemudian memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Minahasa Utara Vonnie Panambunan dan Wali Kota Manado DR Vicky Lumentut. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menteri TJAHJO KUMOLO Sukses Buka Rapat kordinasi Nasional Camat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top