• Berita Terbaru

    August 21, 2018

    Elnusa News , August 21, 2018

    Lomban Serahkan Puluhan Hewan Kurban Untuk Masyarakat

    BITUNG, Elnusanews - Wali Kota Bitung, Max Lomban menyerahkan secara simbolis puluhan hewan kurban dalam rangka hari raya Idul Adha, Selasa (21/8/2018).

    Penyerahan itu dilakukan Wali kota didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan dan Ketua PHBI Kota Bitung, H Ramlan Ifrandi Masjid Al Marhamah Kelurahan Wangurer Timur Kecamatan Madidir.

    Dari data, ada 17 ekor hewan kurban yang diserahkan Wali kota, terdiri dari 13 ekor sapi dan empat ekor kambing yang akan dibagikan ke sejumlah masjid di delapan kecamatan di Kota Bitung.

    Dalam sambutannya, Wali kota menyampaikan jika prosesi penyerahan hewan kurban tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

    "Biasannya saya menyerahkan pas di hari H, tapi Badan Tadzkir Pemkot menjadwalkan hari ini dengan alasan hari ini masih hari kerja. Di daerah lain juga demikian, yakni menyerahkan hewan kurban di hari H tapi karena itu keinginan Badan Tadzkir, jadi saya menurut dan ikut perintah,” katanya.

    Ia kemudian sedikit menyentil soal sejarah hewan kurban yang tertulis di Al-Qur’an, tentang Nabi Ibrahim yang diminta Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail. Dan itu dituruti, namun karena ketaatan Ibrahim atas ujian yang ia terima, Allah SWT menggantinya dengan hewan.

    “Salah satu makna dari keteguhan serta ketabahan hati yang dimiliki Nabi Ibrahim adalah mengajarkan kita untuk berbagi kepada sesama, terutama kepada mereka kurang mampu,” katanya.

    Wali kota juga menyampaikan alasan memilih Masjid Al Marhamah sebagai tempat menyerahkan hewan kurban, karena dirinya ingin menepati janji kepada permintaan Imam masjid.

    “Yang pertama, Imam meminta hewan kurban dan hari ini saya tepati. Kedua, permintaan bantuan pembangunan Masjid, dan itu sudah dialokasikan di APBD 2019 dan jika tak ada halangan bulan Februari saya bisa realisasikan,” katanya.

    Adapun rician hewan kuran yang diserahkan secara simbolis Wali kota adalah, Pemkot Bitung 10 ekor sapi, Bank SulutGo satu ekor sapi, PT MNS satu ekor sapi, PT Delta empat ekor kambing dan BRI cabang Bitung satu ekor sapi.

    Adapun puluhan hewan kurban itu akan disalurkan ke;
    Masjid Babussalam Kelurahan Pintu Kota Kecamatan Lembeh Utara Masjid Al Hijrah Kelurahan Papusuangan Kecamatan Lembeh Selatan
    Kecamatan Al Fajar Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga Masjid Darul Ulum Kelurahan Kakenturan Kecamatan Maesa
    Masjid Al Marhamah Kelurahan Wangurer Timur Kecamatan Madidir
    Masjid Al Falah Secata B Kelurahan Girian Indah Kecamatan Girian
    Masjid Nurul Huda Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Ranowulu
    KKBIS Kota Bitung
    Dinas Lingkungan Hidup (petugas kebersihan)
    Badan Tadzkir Pemkot Bitung. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lomban Serahkan Puluhan Hewan Kurban Untuk Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top