• Berita Terbaru

    November 13, 2019

    elnusanews/com , November 13, 2019

    Kembangkan Jagung Hibrida Nasional, PT. Kenos Cahaya Bangsa Jalin Kerjasama dengan BPTP Sulut


    Komisaris Utama PT.Kenos Ir.Jimmi Tampi, MTh. menyaksikan  penyerahan benih Jagung Nasa 29 dari pemulia Dr.Azrai,MP. ke kepala Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara, sebelum di serahkan ke pihah PT.Kenos untuk didiseminasikan di Lahannya (foto: Humas BPTP sulut).
    SULUT,Elnusanews - Kalasey, sebagai sumber teknologi spesifik lokasi di Sulawesi Utara (Sulut), Balitbangtan BPTP Sulut sangat mendukung dan apresiasi upaya dari pihak PT. Kenos Cahaya Bangsa untuk menginisiasi pengembangan jagung hibrida nasional hasil karya anak bangsa.
    Tim kerja Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara bersama Komisaris Utara PT. Kenos saat melihat dari dekat lokasi rencana diseminasi 25 Ha Jagung Nasa 29 ha di Bolmut.
    "Kami siapkan inovasi teknologinya untuk upaya ini. Sebagai satu langkah baik kita bangun kerjasama yang saling menguntungkan. Ini Sebagai langkah awal," ungkap Yusuf saat menyerahkan varietas Nakula Sadewa 29, JH-37 dan JH 45 untuk diseminasikan di lokasi yang menjadi rencana pengembangan pabrik gula oleh PT. Kenos Cahaya Bangsa.

    "Varietas hasil Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) ini, memiliki keunggulannya yang dengan varietas multinasional yang ada saat ini," ujar Yusuf saat menyerahkan benih kepada Komisaris Utama PT. Kenos Cahaya Bangsa, Ir. Jimmy Tampi, M.Th, Senin, (11/11/ 2019).

    Pihak PT. Kenos Cahaya Bangsa menyambut baik dan kesungguhan mereka untuk mengembangkan jagung hibrida unggul hasil dari Balitbangtan BPTP Sulut.

    "Keseriusan kami langsung memesan varietas NASA-29 sebanyak 100 ton kepada mitra lisensi Balitsereal, untuk petani di lokasinya," ucap Jimmy.

    Lanjutnya saat diskusi di Balitbangtan BPTP Sulut, bahwa dirinya tidak hanya memesan benih NASA-29, tapi juga berharap bantuan pendampingan teknologi dari Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara dan Balitserealia.

    "Sambil mengundang untuk melakukan tanam perdana bersama bapak Bupati Bolmong, saatnya beliau akan melayangkan undangan resmi," bebernya.

    Kedepan ia berharap menjadi mitra lisensi Balitbangtan untuk pengembangan Jagung ini. Hal ini mendapat sambutan dari Kepala Balitsereal dan memberikan penjelasan terkait dengan persyaratan menjadi mitra lisens, karena hal itu tidak mudah. Namun bagi Jimmy hal itu, tidak masalah bila dengan komitmen akan dapat dipenuhinya," ungkapnya.

    Langkah pro active pihak PT. Kenos, sejalan dengan program Balitbangtan dalam upaya membumikan dan menghilirkan hasil inovasi jagung hibrida, agar menjadi raja dan tuan di negerinya sendiri. Dan untuk menjawab permasalahan petani terkait ketersediaan benih menghilang ketika petani siap menanam. Dengan menghadirkan sedekatnya dengan petani di setiap sentra, maka akan mengatasi permasalahan petani.

    Dalam diskusi segi tiga Kepala Balitbangtan BPTP Sulut Dr. Ir. Yusuf, MP., Komisaris Utama PT. Kenos Cahaya Bangsa Ir. Jimmy Tampi,MTh. dan kepala Balit Sereal di Maros Dr. Mohammad Azrai, SP.MP. di BPTP Sulawesi Utara begitu dinamis dan kaya makna.

    "Betapa tidak pertemuan antara sumber teknologi dan perusahaan yang berkomitmen dengan produk anak bangsa. Balitsereal sudah banyak hasilkan varietas-varietas unggul, termasuk varietas yang akan diperkenalkan di Bolmut dalam luasan 25 ha. pada lahan pihak PT. Kenos Cahaya Bangsa. Balitbangtan juga saat ini sedang mengembangkan korporite dengan penagkar di Minahasa, tepatnya di Remboken dengan luas 200 ha. Diharapkan akan penuhi permintaan pihak PT. Kenos Cahaya Bangsa, untuk petani mitranya di Bolmut," terangnya.

    Lanjut Azrai, untuk tahun 2019, Diretorat Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan, mengalokasikan anggaran untuk program perbenihan jagung hibrida berbasis korporasi petani seluas 253,4 ha di kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara dan Kota Tomohon.

    "Varietas yang dikembangkan yaitu varietas NASA 29, karena telah dirasahkan hasilnya oleh petani. Potensi Sulawesi Utara dan komitmen yang ada menjadi perhatian kami. Untuk itu, terkait dengan kerjasama ini, Baitsereal tetap men-support Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara, dalam menghilir deraskan inovasi teknologi inovasi Jagung hibrida bekerjasama dengan PT. Kenos Cahaya Bangsa yang dimulai di Bolaang Mongondow Utara," tandasnya.

    Ditempat lain, Kasie KSPP Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara, Victor D. Tutud, SP,i MSi. menjelaskan satu hal penting adalah sebagai dasar pendampingan adalah perjanjian kerjasama yang sudah kita rancang, untuk siap ditanda tangani.

    "Karena itu sebagai peta jalan dalam kegiatan ini. Agar bersama mengetahui apa dan seperti apa kita bekerjasa," imbuhnya

    (*artur/elnusanews.com)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kembangkan Jagung Hibrida Nasional, PT. Kenos Cahaya Bangsa Jalin Kerjasama dengan BPTP Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top