• Berita Terbaru

    February 03, 2021

    elnusanews/com February 03, 2021

    Telusuri PAP, Komisi II DPRD Sulut Turlap Ke PT Pelindo IV Cabang Bitung


    DEPROV,Elnusanews -- Komisi II DPRD Sulut dibawah komando Ketua Komisi Cindy Wurangian terus melakukan fungsi pengawasan terhadap mitra kerjanya.

    Teranyar, Komisi II mengadakan Kunker ke PT Pelindo IV Persero Cabang Kota Bitung, Rabu (3/02/21) siang.

    Kunjungan komisi II, diterima langsung kepala PT. SGM Burhamnudin didampingi Kepala UPTD Kota Bitung.

    Dikatakan Cindy Wurangian, kunjungan komisi II tersebut dalam rangka koordinasi tunggakan dan nilai Pajak Air Permukaan (PAP).

    "Kami dapati bahwa PT Pelindo IV Cabang Bitung ini melakukan pembayaran pajak akhir permukaan ke  pemerintah Sulut hanya sebesar Rp.147.000/bulan dan untuk sepanjang tahun 2020 baru di lunasi hingga bulan mei,bulan juni-Desember belum lunas sampai dengan hari ini," kata Wurangian.

    Terkait dengan jumlah besaran tagihan sebesar Rp.147.000/bulan ini kata Wurangian mendatangkan banyak pertanyaan dari banyak pihak jika dibandingkan dengan yang lain.

    "Contoh di Kota Bitung PDAM Dua Sudara, PDAM  ini membayar setiap bulan hampir 2 juta dan bervariasi tergantung jumlah debit air yang digunakan perbulan ada 1,5 juta-2j uta perbulannya," ungkapnya.

    Srikandi partai golkar ini juga menjelaskan, untuk Pelindo ini membayar 147.000/bulan vlat rate.

    "Pertanyaan pertama, kenapa PT Pelindo bisa kenakan Flat Rate, kenapa ratenya bisa begitu rendah ini putusan dari siapa itu yang menjadi salah satu topik hangat didiskusi komisi II  bersama dengan PT Pelindo dalam hal itu belum bisa dijawab," jelasnya.

    Oleh karena belum adanya kejelasan dalam diskusi tersebut diungkapkan Wurangian, komisi II akhirnya akan menjadwalkan kembali rapat dengan PT Pelindo.

    "Sehingga rapat harus kami scors dan nanti akan dijadwalkan rapat lanjutan sesuai dengan komiten PT Pelindo mereka akan mengumpulkan data-data penunjang terkait dengan rate pajak air permukaan yang mereka bayarkan hingga saat ini," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Telusuri PAP, Komisi II DPRD Sulut Turlap Ke PT Pelindo IV Cabang Bitung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top