• Berita Terbaru

    July 09, 2021

    elnusanews/com July 09, 2021

    KMP Tude Docking, PD Bangun Bitung Cari Solusi


    BITUNG, Elnusanews - Kapal Feri yang melayani penyeberangan Pateten - Lembeh kota Bitung, Kapal Motor Pelayaran (KMP) Tude tidak layak lagi beroperasi melayani pelayaran masyarakat.

    Hal diatas ditegaskan Direktur Utama Perusahan Daerah (PD) Bangun Bitung Rizal Lumombo, didampinggi Direktur Operasional Yohan Mengempis dan Direktur Keuangan Grace Watung, pada jumpa pers di Kantor PD Bangun Bitung di Kelurahan Wangurer, Kecamatan Madidir, Jumat (9/7/2021).

    "Pertanggal  7 Juli 2021 KM Tude terakhir beroperasi melayani pelayaran rute Pateten-Lembeh, disebabkan ada beberapa kendala teknis dan administrasi yang tidak memadai berlayarnya kapal itu. Maka di putuskan KMP Tude tidak layak lagi digunakan sementara waktu,"katanya.

    "Yang pertama peroperti diatas kapal, tabung alat keselamatan tidak layak lagi di KMP Tude, maka itu di putuskan Kapal Feri KMP Tude tidak layak digunakan hal itu didasari standar kelayakan kapal dan peningkatan struktur sartifikat kelas kapal demi menunjang pelayanan yang lebih maksimal,"sambunya.

    Ia menjelaskan, hal tidak layak beroperasi dari hasil pemeriksaan Kementrian Perhubungan lewat Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut dan Biro Klasifikas Indonesia (BKI).

    "Ada sekitar 17 sartifikat perkapalan yang tidak dipenuhi oleh KMP Tude. Nah pihaknya memastikan KMP Tude akan melalui proses pemeliharaan perbaikan atau docking selama dua bulan ke depan dan akan digantikan dengan KMP Bawal atau Lokon Banua, sementara negosiasi kelengkapan administrasi pelayaran kapal tersebut guna melayani transportasi laut rute Pateten - Lembeh," pungkasnya. (Rego)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KMP Tude Docking, PD Bangun Bitung Cari Solusi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top