• Berita Terbaru

    December 20, 2023

    elnusanews/com December 20, 2023

    Paket Ganja 1,4 kg Berhasil Diamankan Tim Polres Minut


    MINUT, Elnusanews-- Polres Minahasa Utara (Minut) di Sulut, berhasil mengamankan obat terlarang jenis ganja, Kamis (14/12/2023) sore. Diketahui, paket ganja seberat sekitar 1,4 kilogram ini dipasok oleh JC alias Chris (33), warga Bandar Lampung, yang berdomisili di Perum Agape Griya Tumaluntung, yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

    Bersama dengan JC, polisi juga mengamankan J alias John, penambang di Tatelu.

    “Kasus ini masih sedang kami dalami untuk mengetahui apakah ada pihak-pihak lain yang turut terlibat,” kata Wakapolres Minut, Kompol Sugeng W. Santoso, saat konferensi Pers, Selasa (19/12/2023) sore.

    Adapun kronologi penangkapan tersangka, menurut Sugeng, bermula dari informasi adanya pengiriman paket ganja dari Deli Serdang tujuan Minahasa Utara, melalui pesawat via Bandara Soekarno Hatta Jakarta di tanggal 13 Desember 2023.

    “Informasi itu kami terima sehari sebelumnya yakni tanggal 12 (Desember 2023),” bebernya.

    Berdasarkan informasi tersebut kemudian Tim Unit Narkoba Polres Minahasa Utara yang dipimpin oleh IPDA Hevry Samson, SH, langsung melakukan penyelidikan guna memastikan kebenaran informasi tersebut.

    “Pertama tim memantau pergerakan pengiriman barang dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke gudang, selanjutnya dari gudang di Manado di bawa ke Kantor Jasa Pengiriman Barang di Airmadidi,” ungkapnya.

    Setelah mengantongi alamat yang dituju paket tersebut, sambung dia, sekitar 16.30 WITA (13 Desember 2023), tim langsung stand by di sekitar alamat penerima barang yakni di Perumahan Agape Griya B5 No.21 Tumaluntung, atas nama Bas Ando.

    “Tak berselang lama setelah kurir menyerahkan barang kepada penerima, tim langsung melakukan penyergapan ke dalam rumah,” ujarnya sembari menyebutkan, setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan satu  paket yang di dalamnya berisi ganja.

    “Berat kotornya dua kilogram, namun setelah kami timbang menggunakan timbangan pegadaian didapati beratnya kurang lebih 1,4 kilogram,” tambahnya.

    Selanjutnya, sambung dia, JC diamankan bersama barang bukti 1 paket ganja plus 1 unit handphone.

    Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 111 ayat 2 UU nomor 35 tahun 2009, dengan ancaman pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

    Sekedar diketahui, JC mendapatkan barang terlarang tersebut dengan membayar senilai Rp3 juta EZ (Erlan Zazuli) yang beralamat di Binjai, Sumatera Utara. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Paket Ganja 1,4 kg Berhasil Diamankan Tim Polres Minut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top