• Berita Terbaru

    December 04, 2023

    elnusanews/com December 04, 2023

    Petta Timur Diresmikan Jadi Kampung Bahari Nusantara


    Sangihe Elnusanews-Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara TNI AL Lanal Tahuna, Senin (4/12/2023).

    Asisten I Setda Sangihe Johanis Pilat mewakili Penjabat Bupati dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada komandan Lanal Tahuna beserta jajaran yang telah melaksanakan kegiatan ini. 

    "Ini merupakan agenda yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia dan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan di seluruh wilayah nusantara yang merupakan sebuah wujud kehadiran bahkan kedekatan TNI Angkatan Laut di tengah-tengah masyarakat khususnya dalam membangun ketahanan maritim bahkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutur Pilat.

    "Selamat kepada pemerintah dan masyarakat Kampung Petta Timur yang telah terpilih sebagai Kampung Bahari Nusantara tahun 2023 tentunya tidak mudah menetapkan Kampung Petta Timur sebagai Kampung binaan Lanal karena ada kriteria yang ditetapkan untuk menentukan satu kampung sebagai Kampung Bahari Nusantara," ucap Pilat


    Lanjut Pilat, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kampung Petta Timur Karena memenuhi kriteria dan memiliki potensi bahari yang layak di perhitungkan adapun tujuan pelaksanaan peresmian Kampung Bahari Nusantara ini untuk mengajak masyarakat mencintai laut dan terus melestarikan ekosistem yang ada di dalamnya sehingga ke depan diharapkan Kampung Petta Timur menjadi salah satu kampung percontohan destinasi wisata kemaritiman yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

    Diakhir sambutannya Asisten I Setda Sangihe mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk tidak merusak potensi laut bahkan lingkungan yang dengan melakukan pengeboman ikan dan menggunakan racun dalam menangkap ikan yang dapat merusak kekayaan laut yang telah dianugerahkan Tuhan bagi masyarakat Kampung Petta Timur dan sekitarnya.

    Dijadikannya Kampung Petta Timur sebagai Kampung Bahari Nusantara merupakan percontohan bagi seluruh kampung yang ada di wilayah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka pengelolaan sumber daya Kelautan dan pariwisata selain itu juga menjadi pilot project untuk kemudian dikembangkan di kampung lainnya," pungkasnya.

    Sementara itu Komdan Lanal Tahuna  yang diwakili Pjs Pelaksana Lanal Tahuna Mayor Laut (P) Wartikhid,SH mengatakan, Kampung Bahari Nusantara merupakan program berkelanjutan dari TNI Angkatan Laut untuk mendukung pemerintah pusat yaitu menuju kejayaan maritim dan membangun negara melalui pesisir. 

    "Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kembali memelihara serta meningkatkan semangat cinta bahari khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe," pinta Wartokhid sebagai Pjs. Pelaksana Lanal Tahuna.

    Kita ketahui bersama Kabupaten Kepulauan Sangihe berada di geografis 90% lebih wilayahnya adalah lautan program Kampung Bahari Nusantara yang dikelola oleh setiap pangkalan utama TNI Angkatan Laut dan pangkalan TNI angkatan laut merupakan salah satu upaya TNI AL untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah pesisir.

    Kampung Kampung Bahari Nusantara terbagi dalam 5 cluster yaitu cluster ekonomi, kesehatan, pariwisata, pendidikan dan cluster pertahanan. 

    "Adapun didirikannya Kampung Baharu Nusantara di Kampung Petta Timur ini merupakan salah satu sinergitas Lanal Tahuna dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe serta peran dari tokoh agama serta tokoh masyarakat, tokoh adat Kampung Petta Timur beserta seluruh komponen dan lembaga pemerintah yang ada di Kampung petta Timur," ucapnya.

    "Pengembangan hutan mangrove yang dapat dijadikan sebagai sarana pariwisata yang mampu menunjang pendapatan masyarakat setempat besar harapan kami dengan peresmian Kampung Bahari Nusantara di kampung Petta Timur ini menjadi Kampung percontohan bagi kampung-kampung pesisir lainnya yang ada di Kabupaten kepulauan Sangihe," tutup Wartokhid.

    Turut hadir dalam peresmian Kampung Bahari Nusantara, Forkopimda, Forkopimca,Pemerintah Kampung Petta Timur, para OPD, Tokoh Agama,Tokoh masyarakat serta msyarakat Kampung Petta Timur.

    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Petta Timur Diresmikan Jadi Kampung Bahari Nusantara Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top