• Berita Terbaru

    December 08, 2023

    elnusanews/com , December 08, 2023

    JonRu Paparkan Propemperda 2024 Kepada Konstituennya




    TOMOHON,Elnusanews -Johny Runtuwene selaku Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tomohon Tahun 2024, kepada konstituennya di Kecamatan Tomohon Utara (Tomut), bertempat di Terung Tete Kelung Kakaskasen Kota Tomohon, Jumat (8/12/2023).

    Didepan Konstituennya yang diikuti oleh 100 peserta dalam Sosialisasi Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tomohon Tahun 2024, JonRu memaparkan bahwa sosialisasi ini harus benar-benar dipahami karena hal ini terkait kepentingan umum masyarakat luas.

    ”Sosialisasi ini merupakan kesempatan eksekutif dan legislatif, Jadi prosesnya bertahap yakni pembahasan sampai pada rancangan untuk menyampaikan kepada masyarakat,”ucapnya.

    Sementara itu, Kabag Hukum Pemkot Tomohon, Bernie Mambu selaku narasumber juga menjelaskan, hal ini merupakan manifestasi sinergi antara DPRD dan pemerintah kota. Di samping itu juga ini adalah fungsi salah satu hal yang melekat di lembaga DPRD. Kita tahu bersama ada tiga fungsi utama yaitu fungsi pengawasan fungsi anggaran dan fungsi pembentukan Perda dulu, yaitu yang di kenal dengan istilah fungsi legislasi.

    “Tapi sejak Permendagri 80 tahun 2015, fungsi itu berubah nama jadi disebut fungsi pembentukan peraturan Daerah. Pada tanggal 10 November kemarin DPRD bersama Walikota dan perangkat daerah terkait telah sama-sama menyepakati dan kemudian disetujui dalam rapat paripurna. Sehingga secara ketentuan maka inilah yang menjadi landasan bagi DPRD dan pemerintah kota di dalam Paripurna tersebut, mencetuskan 13 surat Perda yang disetujui bersama, dimana tujuh diantaranya milik DPRD atau kita kenal dengan Perda inisiatif, sisanya yang enam adalah prakarsa pemerintah kota," ujarnya.

    Tambah Bernie, DPRD yang lebih banyak sehingga ini perlu dan patut kita apresiasi.

    "Karena menjadi sejarah dari periode-periode sebelumnya, kali ini merupakan usulan terbanyak yang diinisiasi oleh DPRD," tukasnya.

    Turut hadir dalam kegiatan, Kabag Persidangan, Nyoman Nirmala yang merupakan perwakilan dari DPRD Kota Tomohon sekaligus pemrakarsa kegiatan ini.

    (roker)



    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: JonRu Paparkan Propemperda 2024 Kepada Konstituennya Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top