• Berita Terbaru

    August 31, 2015

    elnusanews/com August 31, 2015

    Pameran Seni Budaya Tampilkan Keunggulan Minsel

    Acara pembukaan pameran seni Budaya di awali dengan tarian kabasaran Minsel, dari Tumpaan

    MINSEL,Elnusanews - Komoditas unggulan masih menjadi andalan di pameran budaya yang digelar di Teguh Bersinar, Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

    Produk unggulan seperti gula aren, ikan kering, dodol, serta hasil pertanian lainnya dipajang pada setiap stand yang dibangun mewakili wilayah di 17 kecamatan. 

    Ketua Karang Taruna Minsel Frangky Pasla mengatakan, produk unggulan memang menjadi andalan setiap daerah pada pelaksanaan pameran. Seperti makanan khas, hasil pertanian dan perekebunan, kelautan dan perikanan, serta berbagai produk andalan lainnya dipajang agar dilihat para pengunjung.

    ”Tadi, banyak warga yang datang melihat keanekaragaman potensi daerah di lokasi pemeran. Beberapa diantaranya pun sempat tertarik dan membawa hasil pajangan tersebut,”kata Pasla, kemarin. 

    Dia menuturkan, selain produk unggulan, kekayaan alam daerah terlebih objek wisata diperlihatkan. Mulai dari wisata rohani, sejarah dan pra sejarah, serta jenis wisata lainnya yang sangat popular di Kabupaten Minsel.”Tari maengket serta pemilihan duta budaya akan digelar dalam acara ini. Yang pasti, fokus kami untuk menjaga budaya serta mempertahankannya agar bisa terus menjadi kebanggaan masyarakat Minsel,”ungkapnya.

    Putri Mangindaan, siswi SMP 1 Amurang mengaku kagum melihat berbagai potensi alam maupun wisata di ajang pameran tersebut. Dia menuturkan, adanya pameran budaya menjadi kebangaan bagi mereka terlebih dapat menambah pengetahuan di berbagai bidang, terlebih soal budaya daerah yang mulai dilupakan.”Ini wadah kami untuk belajar. Saya pun baru tahu, ternyata kekayaan alam di daerah ini sungguh luar biasa. 

    Acara seperti ini sangat baik digelar setiap tahunnya,”kata Putri, di lokasi pameran. Camat Tumpaan Frangky Toar menambahkan, produk maupun potensi andalan setiap kecamatan berbeda yang menunjukan berbagai nilai sejarah maupun nilai ekonomi pada produk yang bisa diperdagangkan.”Kami mengandalkan ikan kering, yang memang menjadi andalan Kecamatan Tumpaan lewat hasil dari para nelayan. Ini pun nanti akan dipamerkan pada acara pameran di tingkat provinsi nantinya,”jelas Toar ( Vandy )
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pameran Seni Budaya Tampilkan Keunggulan Minsel Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top