• Berita Terbaru

    August 26, 2015

    elnusanews/com , August 26, 2015

    PDAM Minahasa Krisis Air, Warga di Himbau Hemat Air


    MINAHASA,Elnusanews – Dampak kemarau berkepanjangan yang terjadi di Kabupaten Minahasa beberapa bulan terakhir ini membuat debit air bersih yang dikelolah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Minahasa, untuk kebutuhan masyarakat, menurun drastis.Pihak PDAM Minahasa melalui Kepala Bagian Teknik, Max Tinggogoy, Selasa (25/08), kepada wartawan ketika ditemui mengatakan, minahasa krisis air pasalnya dari 15 sumber mata air yang dikelola PDAM Minahasa, rata-rata produksinya berkurang hingga 50 persen.

    “Rata-rata turun hingga 50 persen, bahkan ada mata air yang sampai kering seperti mata air di Koha, Paniki, Mokupa dan Kawangkoan. Sehingga, pasokan air bersih untuk masyarakat ini menjadi kurang maksimal,” ujarnya.Dijelaskannya, untuk sumber air di Kawangkoan yang biasanys memproduksi hingga 40 liter per detik, kini tinggal 25 liter per detik, di Lewet yang biasanya produksi 25 liter per detik, sekarang tinggal 10 liter.

    “Untuk yang di Paniki kita menggunakan sumur bor, itupun hanya 7,5 per detik. Akibatnya, penyaluran air ke pelanggan juga berkurang. Kalau biasanya kita beroperasi 12 jam, kini tinggal 3-6 jam saja,” ujarnya, sembari menghimbau warga agar berhemat dalam menggunakan air bersih.“Kami menghimbau kepada masayarakat yang berlangganan air di PDAM agar bisa berhemat dan jangan menggunakan mesin untuk menyedot air yang bisa menyebabkan yang lain tidak kebagian,” ujarnya (Jeffry)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PDAM Minahasa Krisis Air, Warga di Himbau Hemat Air Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top