• Berita Terbaru

    December 29, 2017

    elnusanews/com , December 29, 2017

    Tumbelaka Sebut Peran Pers Penting Dalam Pembangunan

    Pengamat Politik Pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka Saat Bawakan Materi Pada Acara Diskusi Akhir Tahun "Peran Pers Dalam Pembangunan Sulut" yang digelar oleh Alumni UGM di Manado (Kagama) bekerjasama dengan Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS).
    SULUT,Elnusanews - Pengamat Politik Pemerintahan Sulawesi Utara (Sulut) Taufik Tumbelaka menyatakan ada beberapa hal peranan penting sebagai pers dalam pembangunan diantaranya :

    1. Tegakkanlah FOUR ESTATE karena Pers adalah Penjaga Kewarasan Demokrasi

    2. Humanizing Development (Membangun Peradaban).

    3. Tugas terberat adalah menjaga marwah profesi jurnalis itu sendiri. Menjaga terserang oleh oknum mengaku Jurnalis tapi merusak citra.

    4. Konsultasi personal politik sudah tembus per jam 2 Uero = 2000

    Pernyataan tersebut saat dirinya bawakan materi pada acara Diskusi Akhir Tahun "Peran Pers Dalam Pembangunan Sulut" yang digelar oleh Alumni UGM di Manado (Kagama) bekerjasama dengan Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), yang digelar di ruang F.J Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Jumat (29/12/2017).

    Lanjut Tumbelaka menyebutkan Pembangunan bukan saja dari pemerintahan melainkan berbagai elemen. Baik masyarakat, swasta,  termasuk didalamnya peran pers.

    "Pers mendorong pembangunan secara tidak langsung dalam segi pemberitaan. seperti kita ketahui bersama bahwa pers merupakan pilar ke empat setelah eksekutif, legislatif, yudikatif. Perannya bukan saja mendorong dalam pembangunan infrastruktur, keamanan, ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya.
    Selain itu, fungai pers juga mampu membangun opini publik sehingga dapat dievaluasi oleh pemerintah dan direalisasikan," bebernya.

    Tumbelaka, menilai di era kebebasan pers saat ini masih ada pemerintah yang alergi terhadap kritik.

    "Padahal peran pers sangat penting untuk kemajuan pembangunan terlebih di Sulut. Bahkan pemerintah yang elergi terhadap kritik sulit untuk maju," tandasnya.

    Diakui Tumbelaka, dilema pers ini dari perkembangannya. "Saya (Tumbelaka-red) berterimakasih ini adalah tahun ke sembilan juga buat saya hadir di Sulut. Dan yang membesarkan dan menambah ilmu kepada saya adalah pers. Karena, ilmu-ilmu dari teman pers ini menjadi bagian dari penambah wawasan saya, itu fakta," terang Putra dari Gubernur pertama Sulut, F.J Tumbelaka itu.

    Turut hadir dalam Diskusi Akhir Tahun tersebut, Asisten III Setdaprov Sulut, Royke Roring, Pengamat Politik Pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka, Wartawan Senior Raymond Pasla, Para Akademisi, Alumni UGM serta seluruh anggota JIPS.

    (ROKER)







    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tumbelaka Sebut Peran Pers Penting Dalam Pembangunan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top