• Berita Terbaru

    April 04, 2018

    elnusanews/com , April 04, 2018

    Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Jemput Bola Dalam Masalah Sampah

    Manado, Elnusanews -Tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado (DLH) sekarang ini sudah semakin banyak, Karena Dinas Lingkungan Hidup merupakan gabungan dari Dinas Kebersihan dan Badan Lingkungan Hidup.
    Oleh karena itu dari dua instistusi maka tugas­nyapun semakin besar dan semakin luas. Diantaranya, menyangkut kebersihan Kota Manado.

    Menurut Kadis Lingkungan Hidup Yohanes Waworuntu Amd LLAJ, SE, MSi kepada Elnusanews Rabu (4/4/2018) menyampaikan, Urusan kebersihan ini sudah diambila alih oleh Kecamatan-Kecamatan di wilayah kerja­nya. Urusan kebersihan sudah menjadi tanggung jawab kerja daripada kecamatan.

    "Tetapi tetap secara dinas, institusi dan teknisnya adalah Dinas Lingkungan Hidup. Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pembersihan di sungai, pantai dan laut. Selain itu ada pertamanan, ada taman-taman yang Dinas Lingkungan Hidup buat, baik di median, tempat-tempat umum, sekitar di DAS (Daerah Aliran Sungai) Tondano yang berada di Kairagi, ada juga di Tugu Adipura Kota Manado, median-nedia jalan. Dan tidak kalah pentingnya juga Dinas Lingkungan Hidup membuat vertical garden yang berada 12 titik di Kota Manado" urai Waworuntu.

    Ia mengatakan, DLH juga melakukan pengawasan Amdal, serta pengendaliannya, dan juga DLH melaksanakan penataan pohon.

    "Untuk pohon-pohon yang berbahaya, yang sudah keropos yang sudah tua, kalau sudah miring, itu ditebang. untuk kedepan diremajakan Akan remajakan de­ngan penanaman pohon baru. tidak harus di tempat itu juga. Ditempat lain juga bisa,” ujar Waworuntu.

    Dikatakanya intinya kota ini berjalan dengan baik, kalau ada yang kurang, ada yang digantikan, tetap dia bersinergi terus, dengan demikian kedepannya kita akan mendata perantingan, pohon-pohon yang ada itu ditata sehingga ia bisa berdiri bagus, indah dan cantik.

    "Harus ada ruang spesial untuk angin lewat, karna kalau anginnya tertahan, tidak ada celah lewat dengan baik maka bisa berbahaya, dan menyebabkan pohon bisa rubuh" ujar Waworuntu.

    ”Sesuai arahan walikota, bahwa kita tidak perlu butuh, adanya kontener ditempatkan di sudut-sudut jalan atau di pinggir-pinggir jalan, dan untuk bak sampah tdk ada lagi karena apa, ketika kita memaksakan itu, mengesankan kota ini kotor,” tukas Waworuntu.

    Harapan Waworuntu “Satu yang dibebankan kepada masyarakat, jangan buang sampah sembarangan, dari sisi kebersihan tugas masyarakat, kalau sisi keindahan pertamanan biarkan pem­erintah yang merawat, biarkan pemerintah yang memelihara, tugas masyarakat nikmatin saja dan jangan petik, dan rusakin,” tandasnya.
    (moris).
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Jemput Bola Dalam Masalah Sampah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top