• Berita Terbaru

    September 24, 2018

    elnusanews/com , September 24, 2018

    Pendemo "Goyang" Kantor Gubernur Sulut, Ini Tuntutanya kepada OD-SK

    SULUT,Elnusanews - Ratusan pendemo yang tergabung dalam YLBHI-LBH Manado, WALHI Sulut, KMPA Tunas Hijau) menggelar unjuk rasa di halaman kantor Gubernur Sulut, Senin (24/9/2018) siang tadi.

    Dalam rilis resmi yang tertulis yang diberikan kepada awak media menyatakan bahwa Hari Tani seharusnya dirayakan Rakyat dengan suka cita. Ketika pemerintah sibuk berkoar-koar tentang capaian sertifikasi tanah dan Perhutanan Sosial, ada 337 KK warga Kampung Bobo di Tuminting kota manado digusur sejak 2015 sampai kini nasib mereka tanpa kejelasan,belum lagi ada 2.000 rakyat desa tiben'as Bolaang Mongondow yang sampai hari ini masih berjuang mempertahankan tanah mereka dari perampasan perusahan besar yang dibackup pemerintah begitupun konflik lahan didesa paputungan likupang barat, dan 150 warga desa tiwoho Likupang, dan Konflik Iahan desa Kalawiran antara warga dan AURI,Reklamasi besar-besaran dan masiv di Sulawesi Utara pun menjadi penyebab terampasnya hak kelola rakyat Nelayan.

    Menyikapi fakta-fakta di atas, Maka Kami Menuntut:

    1. Pemerintah Segera selesaikan konflik-konflik agraria struktural yang diakibatkan pemberian izin/keputusan pemerintah dengan cara membatalkan izin/keputusan tersebut dan meredistribusikan lahan
    kepada masyarakat korban.

    2. Menolak pelaksanaan Reforma Agraria yang dibiayai dari hutang Bank Dunia.

    3. Menuntut pemerintah menarik militer dan polisi dari lahan konflik agraria.

    4. Mengh entikan kriminalisasi petani/masyarakat adat,’masyarakat lokal yang tengah berjuang menuntut haknya atau yang sedang menggarap lahan hutan untuk kehidupannya.

    5. Memberikan pemulihan kepada masyarakat yang terampas hakhaknya dalam bentuk grasi, amnesti, abolisi, kompensasi, dan rehabilitasi.

    6. Menuntut pemerintah melaksanakan Reforma Agraria sejati.

    7. Menyerukan kepada kaum tani untuk bersikap kritis dan
    mengkonsolidasikan diri mendongkrak Reforma Agraria Sejati.

    8. STOP Pembangunan yang merusak lingkungan dan Melanggar HAM.

    9. Hentikan Reklamasi, kembalikan wilayah kelola rakyat.

    Diketahui para pendemo tersebut hanya diterima oleh Satpol- Pol Daerah Provinsi Sulut.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pendemo "Goyang" Kantor Gubernur Sulut, Ini Tuntutanya kepada OD-SK Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top