• Berita Terbaru

    September 19, 2018

    Elnusa News September 19, 2018

    Polres Minsel Seriusi Dugaan Pencemaran Limbah Beracun PT Global Coconut

    MINSEL, Elnusanews- Perusahaan tepung kelapa PT Global Coconut yang sementara beroperasi di Desa Radey Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan, kembali dipersoalkan warga sekitar.

    Pasalnya, hasil limbah olahan pabrik tersebut diduga menjadi penyebab matinya sejumlah jenis Ikan yang mengairi sungai Tongop kemudian bermuara di pantai Molinow.

    Adapun air tersebut sebelumnya digunakan warga baik untuk mandi, mencuci serta memberi minum hewan ternak. Namun dengan terjadi peristiwa itu mereka tak bisa lagi menggunakannya karena takut.

    Lebih parahnya lagi kasus tersebut bukan baru kali ini terjadi tapi sudah kedua kalinya.

    Menseriusi kasus ini, Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX Winardi Prabowo, SIK melalui Kasat Reskrim AKP. Arie Prakoso, SIK mengatakan pihaknya telah menerima laporan tentang dugaan pencemaran /pembuangan limbah beracun (LB3) yang dilakukan PT Global.

    "Saat ini Polres Minahasa Selatan yang bekerjasama dengan dinas lingkungan hidup (DLH) masih menunggu hasil sampel dari WLN PPLH Propinsi Sulut. Dan jika hasil tersebut dinyatakan positif/terbukti melanggar baku mutu, otomatis perusahaan tersebut sudah tidak boleh membuang limbah di tempat itu begitu juga sebaliknya/tidak boleh produksi", ujar Prakoso.

    Terpisah Kadis Lingkungan Hidup Roy Sumangkut diruang kerjanya pada, Rabu 19 September 2018, menjelaskan bahwa pada hari Senin telah melakukan pemeriksaan dan dibuatkan berita acara serta memerintahkan pihak perusahaan segera melakukan pengambilan sampel/tingkat pencemaran.

    Begitu juga pada hari selasa telah dilakukan pengukuran bersama Water Laboratory Nusantara Indonesia (WLN).

    "Untuk sementara kami masih menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium WLN sebagaimana berita acara 10 hari pemeriksaan setelah dilakukan pengambilan sampel pada hari selasa" pungkas Roy Sumangkut.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polres Minsel Seriusi Dugaan Pencemaran Limbah Beracun PT Global Coconut Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top