• Berita Terbaru

    November 04, 2018

    elnusanews/com November 04, 2018

    Lomba Pacuan Kuda Dalam Rangka HUT Ke 590 Kabupaten Minahasa Dibuka Bupati ROR

    MINAHASA, Elnusanews  – Bupati Minahasa Drs Royke Oktavian Roring MSi (ROR) resmi membuka kegiatan lomba pacuan kuda dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 590 Kabupaten Minahasa, Sabtu 3/11/2018 bertempat di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa.

    Selain lomba pacuan kuda, lomba lari roda sapi dan bendi kalaper juga ikut di pertandingkan guna memperebutkan piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018.

    Selain mengucapkan rasa stukur karena Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper ini boleh digelar di Kabupaten Minahasa, Bupati yang akrab di sapa ROR ini juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada Panitia Pelaksana atas terlaksananya lomba ini karena bertepatan dengan Hari Jadi Minahasa ke-590. 


    “Pacuan Kuda bukanlah olahraga yang asing bagi masyarakat Minahasa, ini malah telah menjadi bagian dari sejarah perkembangan daerah Minahasa,” kata Bupati.


    Untuk itu, menurutnya sangat tepat apabila kejuaraan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi Minahasa, karena dari historis perkembangan daerah, Pacuan Kuda, Pacuan Roda Sapi dan Bendi Kalaper, selain telah menjadi hiburan bagi masyarakat juga sebagai alat bantu dalam melaksanakan pekerjaan maupun aktivitas ekonomi sehari-hari.



    Untuk itu, Bupati ROR berharap, Lomba Pacuan Kuda ini dapat meningkatkan prestasi olahraga Berkuda Minahasa dan Sulawesi Utara, di event Nasional maupun Internasional. Selain itu menurutnya, Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper juga diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perkembangan pariwisata daerah.


    “Saya berkeyakinan, kedepannya olahraga ini akan berdampak positif bagi kemajuan masyarakat dan daerah, terutama dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang bermuara pada prestasi serta menjadi kebanggaan kita semua. Selamat bertanding, selamat berlomba, Tuhan memberkati,” pungkasnya.

    Sebelumnya, kegitan ini diawali dengan laporan oleh Ketua Panitia Penyelenggara DR Denny Mangala MSi.

    Dimana dalam laporannya, Mangala mengatakan bahwa, Kejuaraan Berkuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper ini terdiri dari, Kuda Pacu yang dipertandingkan dalam 10 kelas, Roda Sapi 7 kelas dan Bendi Kalaper 3 kelas.

    “Kuda Pacu yang ikut dalam kejuaraan ini sebanyak 77 ekor, Roda Sapi sebanyak 50 ekor dan Kuda Kalaper sebanyak 14 ekor. Daerah yang ikut serta dalam Kejuaraan Berkuda ini sebanyak 12 daerah,” kata Mangala.


    Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, mewakili dari Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Ketut Sodana, Ketua Pengprov Pordasi Sulut Ferry Wowor, Kepala Dispora Provinsi Sulut Marcel Sendoh SH MSi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Refly Ngantung SP, Kepala Badan Kesbangpol Sulut Drs Mecky Onibala MSi, Pimpinan BRI Cabang Tondano, Pimpinan Bank SulutGo cabang Tondano, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, serta seluruh Peserta dan Penonton.




    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lomba Pacuan Kuda Dalam Rangka HUT Ke 590 Kabupaten Minahasa Dibuka Bupati ROR Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top