• Berita Terbaru

    February 12, 2019

    Elnusa News , February 12, 2019

    3 Tahun ODSK Pimpin Sulut, Ini Capaian dan Prestasi Yang Diraih Bapenda Sulut


    SULUT,Elnusanews – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Utara (Sulut) terus bekerja keras mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini dilakukan oleh instansi yang dipimpin oleh Olvie Atteng tersebut untuk menunjang visi dan misi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).
    Bapenda Sulut sebagai koordinator pendapatan daerah yang didalamnya terdapat 5 sektor pajak daerah, retribusi daerah dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, terus digenjot sehingga target PAD bisa tercapai.
    Diantaranya, melalui sektor Pajak Daerah khususnya Pajak Kendaraan Bermotor, yaitu melakukan kerja sama antara Ditlantas Polda Sulut, Bapenda Sulut, PT Jasa Raharja Cabang Sulut dengan PT Bank SulutGo tentang layanan elektronik pembayaran PKB, BBN-KB, PNBP, SWDKLLAJ. Adapula melakukan MoU dengan Dukcapil, PTSP, DJP, BPHTP dan DPMPTSP Provinsi Sulut.
    Tak ketinggalan, dari sektor ini Bapenda Sulut juga telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota di Sulut untuk perluasan pelayanan Kesamsatan pada Mal Pelayanan Publik.
    Adapun capaian program dan inovasi yang berhasil dibuat Bapenda Sulut dalam meningkatkan pelayanan publik, yaitu:
    – E-SAMSAT OD-SK (Online Dalam Selesaikan Kewajiban)
    – Inovasi seeSAMRATsmart, yaitu Sistem Penelusuran, Penagihan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bemotor Sulawesi Utara, yang didalamnya Masyarakat/Wajib Pajak dapat memperoleh informasi Pajak Ranmor secara akurat dan akuntabel yang dibawakan oleh petugas Bapenda Sulut secara Door to Door, By Name By Adress.
    – Razia Kendaraan Bermotor Online, yang dilakukan kerjasama Ditlantas Polda dan Jasa Raharja Sulut, dimana masyarakat dapat membayar PKB di tempat Razia.
    – Inovasi Cek Info Pajak Kendaraan Sulut melalui Smartphone Adroid pada Google Store
    – Cek info PKB melalui SMS Gate way pada 0811 847 2018
    – Pembayaran PKB melalui ATM/Teller dan M-Banking Bank SulutGo.
    – Layanan Pengaduan Dan Informasi
    – Program Siap Membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
    – Program Keringanan dan Pengurangan Pajak Daerah Tahun 2018
    – Pengembangan Gerai Layanan Samsat, Samsat Noni Transmart Kawanua, Samsat Mantos, dan SAMBALADOS (Samsat Baron Wilayah Manado dan Sekitarnya).
    Dari berbagai upaya dan kerja keras tersebut, ikut membawakan Provinsi Sulawesi Utara banjir penghargaan. 
    Berikut beberapa prestasi yang diraih:
    – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, adalah salah satu dari 9 Provinsi Terbaik yang mendapatkan Penghargaan tentang Keberhasilan Gubernur Sulawesi Utara selaku Pemerintah Provinsi dalam membina Kabupaten/Kota sehingga memperoleh predikat sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM oleh Presiden Jokowi
    – Terbaik 1 dalam Penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Sulawesi Utara Tahun 2017 dengan inovasi e-SAMSAT OD-SK
    – Terbaik 1 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Sulawesi Utara 2018 dengan Inovasi seeSAMRATsmart
    – Mendapatkan Kategori Baik Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2018 oleh Kementrian PANRB
    – Mendapatkan Piagam Penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers Indonesia Cabang Sulut sebagai Journalist Friendship Tahun 2018.
    Realisasi Pendapatan
    – Penerimaan PAD Provinsi Sulut Tahun 2017 mencapai 104,78%
    (Rp1.146.674.827.814)
    – Penerimaan PAD Provinsi Sulut Tahun 2018 mencapai 104,95% (Rp1.265.412.698.030)
    LAINNYA:
    – Pengadaan Karcis Retribusi untuk Tahura dan Terminal
    – Perda Provinsi Sulut Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pajak Daerah
    – Perda Provini Sulut Nomor 5 Tahun 2018 tentang Retribusi Daerah
    – Evaluasi Kinerja Aplikasi SAMSAT Online Bank SulutGo mengalami trend positif, mencapai 34.942 transaksi/kendaraan dengan total Rp37 miliar s/d Oktober 2018 atau meningkat 5x lipat dibandingkan Oktober 2017
    – Optimalisasi terhadap asset Daerah (kekayaan Daerah) untuk dilakukan pemanfaatan asset dengan mekanisme kebijakan pemanfaatan aset.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 3 Tahun ODSK Pimpin Sulut, Ini Capaian dan Prestasi Yang Diraih Bapenda Sulut Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top